DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

PWI Nganjuk Edukasi Pelajar SMP Tentang Jurnalistik

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk menggelar Roadshow Goes to School Diklat Jurnalistik dan Broadcast. Acara yang diikuti 35 peserta dari kalangan pelajar tingkat SMP ini digelar di SMP Negeri 7 Nganjuk, Rabu (19/2/2020).

Diklat ini menghadirkan tiga pemateri, masing-masing yaitu wartawan SRTV, Bagus Jati Kusumo memberikan materi tentang Tenik Penulisan Berita Media Televisi, Wartawan Nganjuk TV Sukadi memberikan materi Teknik Merancang Media Sekolah dan Wartawan Harian Koran Memo Muji Hartono memberikan materi tentang Teknik Reportase.

Peserta diklat saat praktik teknik wawancara

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan bahwa kegiatan diklat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. Selain itu, kata Andik, kegiatan diklat ini juga untuk memberikan edukasi kepada pelajar tentang dunia jurnalistik.

“Diklat yang kita gelar di SMP Negeri 7 Nganjuk hari ini merupakan roadshow kedua, setelah sebelumnya kita melakukan diklat serupa di SMP Negeri 1 Berbek. Ada lima lembaga sekolah yang sudah kita agendakan. Namun, ada 10 lembaga yang menjadi target kita untuk diberikan diklat,” katanya.

Ia berharap  dengan diklat ini bisa memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar. “Mudah-mudahan, setelah kegiatan hari ini, adik-adik terinspirasi  dan semangat untuk belajar tentang dunia jurnalis,” katanya lagi.

Selain diklat jurnalistik, lanjut Andik, dalam rangka memperingati HPN tahun 2020, PWI Nganjuk juga mengagendakan sejumlah kegiatan, diantaranya yaitu tanggal 29 Februari 2020 mendatang diadakan kegiatan seleksi lomba catur tingkat SD Turnamen PWI Cup III Tahun 2020 Jatim Open se Provinsi Jawa Timur dan bakti sosial bekerjasama dengan PWI Jatim di RSUD Nganjuk.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMP Negeri 7 Nganjuk, Tri Sumartana SPd menyambut positif dan berterima kasih kepada PWI Nganjuk yang telah memberikan kesempatan kepada anak didiknya untuk menerima ilmu tentang jurnalistik.

“Dengan kegiatan diklat ini, saya berharap anak-anak bisa mengikuti dan menyerap semua materi yang diberikan oleh para pemateri sehingga mereka betul-betul memahami dan mengerti tentang ilmu jurnalistik,” terang Tri Sumartana.

Sehingga, katanya, dengan bekal ilmu yang didapat hari ini, nantinya bisa dikembangkan dan diimplementasikan untuk membuat majalah sekolah.

Reporter : Jumiati