DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanSeni Budaya & Pariwisata

Satu Lagi Destinasi Wisata Mercusuar Dibangun di Pacitan

Pacitan, megapos.co.id – Ditandai dengan sirine dan bekerjanya dua alat pancang, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi memulai proses pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Sabtu (22/2) pagi.

Acara ini diselenggarakan di lokasi dibangunnya museum, di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur.

Lokasi pembangunan ini cukup strategis karena berada tepat di jalan besar yang menghubungkan Pacitan, baik dari Solo/Yogya maupun dari Trenggalek. Lokasi ini juga tidak jauh dari pusat kota dan garis pantai yang merupakan destinasi wisata bagi Pacitan.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Dalam sambutannya, SBY memohon restu dari masyarakat Indonesia untuk kesuksesan dan kelancaran pembangunan museum dan galeri seni.

“Museum ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia utamanya generasi muda dan generasi mendatang. Juga dipersembahkan untuk almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta,” ujar SBY disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan dalam laporan rencana pembangunan museum menjelaskan, Museum Kepresidenan SBY menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema.

“Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004,” jelas Ossy.

Bupati Pacitan Indartato atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya

kepada keluarga SBY yang membangun museum di bumi Pacitan.

“Tahun 2019, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan berjumlah 2.300.000 orang. Mudah-mudahan ketika museum sudah jadi, bisa bertambah menjadi 5 juta wisatawan,” kata Indartato.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di awal sambutannya, memimpin doa untuk almarhumah Ani Yudhoyono. “Mudah-mudahan pembangunan museum ini menjadi  resonansi dan gravitasi yang luar biasa untuk warga Pacitan, Jawa Timur, dan Indonesia,” kata Khofifah.

Reporter : Addy MG

Editor      : M. Hartono