DaerahHead Line NewsNganjukOlahragaPendidikan

Bupati Buka GSI, KSN, KOSN dan FLS2N 2020

Nganjuk, megapos.co.id – Pemerintah Daerah kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk komitmen untuk terus mengembangkan potensi dan kreativitas generasi muda di kabupaten Nganjuk. Salah satunya, dengan menggelar kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI), Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2020.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat, Senin (2/3/2020) di GOR Bung Karno Kelurahan Begadung, Nganjuk. Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk, Jajaran Forkopimda Nganjuk, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Kepala OPD, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa.

Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk bersama Kepala SMP Negeri se Kabupaten Nganjuk usai acara pembukaan

Dalam sambutannya, Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidayat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sesuai arah pembangunan Kabupaten Nganjuk dalam Tri Cita Bhakti, yaitu menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.

“Kegiatan ini merupakan sarana penjaringan bagi siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik demi mengikuti kejuaraan di tingkat Provinsi maupun Nasional,” ujar Mas Novi sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Lebih lanjut Mas Novi menjelaskan bahwa anak didik harus mempunyai jiwa yang sportif dalam melaksanakan kompetisi ini, sehingga dapat mencapai prestasi yang diinginkan. Mas Novi juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membawa Kabupaten Nganjuk menjadi maju, bermartabat dan berprestasi.

Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk foto bersama peserta kompetisi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Mokhamad Yasin MSi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pemberian wadah prestasi baik akademik maupun non akademik kepada peserta didik, menyediakan ruang kompetisi dengan talenta yang dimilikinya.

“Selain itu, juga untuk mengekspresikan sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa,” ujar Yasin.

Ia menjelaskan kegiatan ini diikuti sebanyak 2000 pelajar Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Nganjuk serta sebanyak 259 juri dan wasit dengan jenis kegiatan yang dilombakan, yaitu Olimpiade Sains Nasional meliputi Matematika, IPA dan IPS.

Sedangkan FLS2N meliputi Karya Seni Tari, Gambar Bercerita, Kriya Anyam, Menyanyi Tunggal, Melukis, Pantomim, Baca Puisi, Membatik, Desain Poster Digital, Gitar Duet, MTQ dan Hadrah.

Festival Literasi Siswa Nasional (FLN) meliputi Mendongeng, Cipta Pantun dan Story Telling. KOSN meliputi Sepak Bola, Bola Volly, Atletik, Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Renang, Tenis Meja dan Catur.

Di akhir acara, Bupati Nganjuk bersama Forkopimda bermain badminton dan jugling bola bersama para peserta kompetisi.  (Adv/Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk/Jt)

Reporter : Jumiati