DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

PWI Nganjuk Bekali Ilmu Jurnalistik untuk Pelajar SMP

Nganjuk, megapos.co.id – Sebanyak 90 siswa siswi SMP Negeri 4 Nganjuk mengikuti Diklat Jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk. Acara yang bertajuk Roadshow Goes to School Diklat Jurnalistik dan Broadcast ini digelar di aula SMP Negeri 4 Nganjuk, Kamis (12/3/2020).

Melalui momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, PWI Nganjuk ingin berbagi dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya pelajar SMP dengan membekali ilmu jurnalistik.

Dalam Diklat ini, PWI Nganjuk menghadirkan dua pemateri, yaitu wartawan Harian Koran Memo, Muji Hartono memberikan materi tentang teknik reportase, wawancara dan penulisan berita, sedangkan Wartawan TV9, Bagus Jati Kusumo memberikan materi tentang teknik penulisan berita media TV dan teknik pengambilan gambar.

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HPN tahun 2020. “Selain itu, kegiatan diklat ini, dimaksudkan untuk memberikan bekal ilmu jurnalistik kepada pelajar SMP,” tukasnya.

Praktik wawancara cegat

“Diklat yang kita gelar di SMP Negeri 4 Nganjuk hari ini merupakan roadshow ke delapan, setelah sebelumnya kita melakukan diklat serupa di SMP Negeri 2 Prambon,” katanya lagi.

Ia berharap  dengan diklat ini bisa memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar. “Mudaha-mudahan, setelah kegiatan hari ini, adik-adik terinspirasi  dan semangat untuk belajar tentang dunia jurnalis,” bebernya.

Selain diklat jurnalistik, lanjut Andik, dalam rangka memperingati HPN tahun 2020, PWI Nganjuk juga mengagendakan sejumlah kegiatan, diantaranya yaitu tanggal 4 Maret 2020 diadakan kegiatan seleksi lomba catur tingkat SD Turnamen PWI Cup III Tahun 2020 Jatim Open se Provinsi Jawa Timur dan bakti sosial bekerjasama dengan PWI Jatim di RSUD Nganjuk tanggal 29 Februari 2020 yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMP Negeri 4 Nganjuk, Agus Krustanto berterima kasih dan mengapresiasi Diklat Jurnalistik dan Broadcast yang digagas PWI Nganjuk ini.

“Ini sangat luar biasa anak-anak kami bisa mendapat ilmu dalam hal penulisan dan penyampaian informasi maupun pengambilan gambar secara baik dan benar,” katanya.

Diakuinya, dengan kehadiran PWI Nganjuk ini, memberikan kesempatan kepada anak didiknya untuk belajar membuat suatu berita dan memperoleh ilmu dasar jurnalistik. “Selain itu, juga memotivasi kita untuk menghidupkan kembali buletin sekolah yang dulu pernah ada,” jlentrehnya.

Ia berharap, ke depan, PWI Nganjuk mengagendakan kegiatan serupa agar anak didiknya semakin termotivasi untuk belajar tentang dunia jurnalistik.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan PWI Nganjuk bisa memberikan kontribusi demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Nganjuk,” pungkas Agus.

Reporter : Jumiati