DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Tatit Apresiasi Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Covid – 19

Nganjuk, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19  dengan melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa titik pusat keramaian seperti Pasar Wage dan fasilitas umum lainnya, Selasa (24/3/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat dan Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Forkopimda Nganjuk dan OPD terkait serta masyarakat.

Ketua DPRD Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono  mengapresiasi dan menyambut baik upaya tersebut. Menurutnya, pusat keramaian seperti pasar merupakan area yang paling berisiko penularan virus corona. Sehingga perlu dilakukan upaya penyemprotan desinfektan untuk mengantisipasi penyebaranvirus Corona Covid-19 .

“Saya sangat setuju dan mengapresiasi langkah cepat Pemkab Nganjuk tersebut. Jika tidak dilakukan segera akan ada banyak korban nyawa dari penyebaran Covid-19,” katanya, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang gerak cepat melakukan penyemprotan desinfektan ini.

“Kami meminta kepada tim yang melaksanakan penyemprotan desinfektan di Pasar Wage ini tidak hanya dilaksanakan sesaat, namun dilaksanakan setiap Minggu dan terjadwal rutin di tempat-tempat fasilitas umum lainnya,” ungkap Mas Novi sapan akrab Bupati Novi.

Mas Novi menegaskan penyemprotan desinfektan ini akan terus dilakukan pemkab  dalam rangka untuk menjaga dan melindungi masyarakat Kabupaten Nganjuk. “Saya berharap kepada masyarakat Nganjuk ikut mendukung upaya Pemkab dalam memerangi penyebaran virus Corona Covid-19 ini,”  Harap Mas Novi.

Mas Novi juga menghimbau untuk mengurangi aktivitas berkumpul di lingkungannya masing-masing. “Kami meminta agar masyarakat mengisolasi diri karena penyebaran covid-19 atau yang biasa disebut virus corona ini bisa kita kendalikan secara bersama-sama tidak mungkin kita akan bisa mengendalikan dengan cara sendiri, tetapi kami yakin dengan kerja sama yang baik antara masyarakat, para ulama yakin kita semuanya bisa melakukan pencegahan terhadap penyebaran covid-19 atau virus corona ini,” pungkasnya.

Sementara itu, dr M Nur Cholis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk mengatakan, untuk tata cara dalam penyemprotan pada intinya adalah dilaksanakan dengan terus menerus. “Benda- benda yang sering dipegang menjadi prioritas karena itu tempat yang digunakan suatu misalkan untuk tempat duduk-duduk dan  juga untuk tempat yang memang dijadikan untuk interaksi masyarakat,”. jelasnya.

Adapun Pelaksanaan penyemprotan dilakukan dari tim petugas yaitu Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Tim Tagana, Tim Barsanas, dan Tim BPBD.

Pantauan megapos.co.id, penyemprotan pencegahan wabah virus covid-19 diawali di Pasar Wage lama dan Pasar Wage yang baru.

Selanjutnya, kegiatan penyemprotan desinfektan di Lingkungan dua Pasar Wage Nganjuk selesai, selanjutnya rombongan jajaran Forkopimda Nganjuk yang didampingi perwakilan Kepala OPD Kabupaten Nganjuk menuju RSUD Kertosono, untuk melakukan pengecekan terhadap lingkungan RSUD Kertosono. (Adv/DPRD Kabupaten Nganjuk)

Reporter : Wahyu Endyk

Editor : M. Hartono