DaerahHead Line NewsNganjuk

Antisipasi Penyebaran Corona, PSHT Rayon Batembat Semprotkan Disinfektan

Nganjuk, megapos.co.id – Dengan memakai seragam khas atau pakaian sakral, puluhan pendekar PSHT Rayon Batembat Ranting Pace Cabang Nganjuk Pusat Madiun, memanggul tangki penyemprot hama keliling seluruh desa, Minggu (5/4/2020).

Pakaian mereka dibalut jas hujan sebagai alat pelindung diri (APD), bermasker, dan memakai sarung tangan. Rupanya, para pendekar ini menyemprotkan cairan sejenis disinfektan, sebagai penangkal persebaran virus corona, atau covid – 19.

Penyemprotan disinfektan ke lingkungan

“Ada sekitar 80 warga PSHT Pusat Madiun yang ikut kegiatan ini. Mereka kami bagi menjadi 9 tim, dan menyasar empat dusun yang ada di Desa Batembat ini ” kata Ali Mahfud Kepala Desa Batembat.

Sasaran penyemprotan, lanjut Ali Mahfud, selain setiap rumah, juga tempat ibadah, pondok pesantren, gedung sekolah, dan fasilitas umum lainnya. “Tak terkecuali lorong dan jalan poros desa yang rentan terhadap penyebaran virus mematikan ini,” urainya.

Sebagai warga PSHT, kata Ali, dirinya beserta keluarga besar PSHT Rayon Batembat merasa tergugah, sehingga melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan disinfektan ini.

“Untuk pendanaan diambilkan dari kas rayon. Kepedulian lingkungan ini sebagai implementasi dari memayu hayune bawana, yakni PSHT ikut menjaga ketentraman dunia,” imbuhnya.

Menurutnya, meski hingga kini tidak ada satupun warga Desa Batembat yang terpapar virus corona, namun tetap meningkatkan kewaspadaan. “Sosialisasi sudah dilakukan sebanyak tiga kali, sebelum ada penyemprotan ini,” ungkap Kepala Desa Batembat.

Editor : M. Hartono