DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Update Covid-19, Total 7 Pasien Positif di Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Kasus positif terinfeksi virus Corona atau Covid – 19 di wilayah Kabupaten Nganjuk bertambah. Sampai Selasa, 7 April 2020 malam ini sudah 7 orang positif terjangkit penyakit tersebut.

“Hari ini ada tambahan 2 pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid – 19. Pasien tambahan ini merupakan satu keluarga yang sebelumnya telah dinyatakan positif. Sebelumnya ada lima pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Covid – 19,” ungkap Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat, Selasa malam (7/4/2020).

Menurut Bupati Novi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk telah melakukan langkah-langkah  untuk menekan penularan Covid – 19 yaitu dengan melakukan isolasi kepada ketujuh pasien tersebut di RSUD Nganjuk.

“Selain itu, Pemkab juga melakukan langkah-langkah di lapangan dengan cara melakukan tracking, siapa saja warga yang telah kontak langsung dengan 2 pasien ini,” kata Mas Novi sapaan akrab Bupati Novi.

Untuk itu, Mas Novi menghimbau kepada masyarakat yang telah melakukan kontak langsung dengan 2 pasien tambahan ini untuk melakukan isolasi diri di rumahnya secara mandiri.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, stamina dan fisik untuk bisa tetap sehat sehingga tidak terpapar Covid – 19,” tandasnya.

Selain itu, Mas Novi berharap kepada masyarakat Nganjuk untuk tidak panik tetapi waspada yaitu dengan melakukan langkah-langkah yang diarahkan pemkab seperti menjaga social distancing, physical distancing dan menjaga pola hidup sehat dan bersih.

Mas Novi memastikan bantuan logistik akan diberikan kepada masyarakat yang tempat tinggalnya telah ditetapkan sebagai zona karantina atau wilayah yang dikarantina. “Pemerintah wajib memberikan bantuan sembako dan biaya hidup sehari-hari. Namun, saat ini, pemkab sedang merumuskan bantuan yang akan diberikan kepada mereka yang terdampak secara ekonomi,” tegas Mas Novi.

Terkait peralatan medis untuk merawat pasien Covid – 19, Mas Novi memastikan bahwa Pemkab saat ini telah menyiapkan tambahan kamar isolasi total 26 kamar untuk merawat pasien Covid – 19.

Data yang dihimpun, saat ini, selain 7 pasien positif Covid – 19, terdapat 279 orang tanpa gejala (OTG), 35 orang dalam pemantauan (ODP), 16 pasien dalam pengawasan (PDP).

Reporter : Jumiati