DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanProbolinggo

Pembiayaan Penanggulangan Virus Corona, Pemdes Alassapi Lakukan Revisi Dana Desa

Probolinggo, megapos.co.id – Untuk menanggulangi semakin mewabahnya virus corona (Covid-19), Pemerintah Desa (Pemdes) Alassapi Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo melakukan musyawarah untuk merivisi pengalokasian sebagian dana desa (DD).

Dalam rapat luar biasa tentang insidentil perubahan APBDes yang digelar di balai desa setempat, Selasa (21/4/2020) ini, Kepala Desa Alassapi mengundang Muspika Banyuanyar, BPD, RT, RW, dan para kader desa.

“Musyawarah ini membahas pembiayaan penanggulangan virus Corona, termasuk pemberian BLT kepada yang berhak menerima bantuan tersebut,” kata Jatmiko Kepala Desa Alassapi saat ditemui megapos.co.id di kantornya, Rabu (22/4/2020).

Menurutnya, proses perubahan anggaran berjalan dengan baik dan lancer, bahkan sangat jeli untuk mencari orang yang tepat dan berhak sebagai penerima BLT.

“Panitia yang dibentuk oleh RT, RW, dan staf desa sangat berhati-hati. Sebab, ada kesalahan tentunya akan berakibat fatal, dan yang bertanggung jawab adalah kepala desa,” jelas Jatmiko.

Lebih lanjut Jatmiko memaparkan, untuk memujudkan itu, pihaknya memangkas anggaran DD sebesar Rp 316 juta untuk kmemberikan fasilitas kepada warga yang terdampak virus corona maupun bagi mereka yang memang keberadaannya tidak mampu.

Sementara, Camat Banyuanyar H. Moh. Syarifuddin menambahkan, di Kecamatan Banyuanyar khususnya Desa Alassapi ODP 16 orang, PDP 5 orang, 4 orang meninggal dunia dan 1 orang sedang masa perawatan oleh  tim medis, dan positif Corona nihil.

“Upaya untuk memutus penyebaran Covid-19, kami lakukan penyemprotan disinfektan secara rutin minimal setiap minggu pada setiap desa secara bergantian. Fasilitas lainnya adalah setiap musala maupun di tempat yang dikunjungi warga disediakan tempat untuk cuci tangan,” ungkapnya.

Reporter : Irianto

Editor : M Hartono