DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Update Covid – 19 Nganjuk : Pasien Positif Bertambah 4, Kini Jadi 24 Orang

Nganjuk, megapos.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Nganjuk merilis perkembangan terakhir pandemi covid 19 di Kabupaten Nganjuk, Kamis (21/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19, dr Hendriyanto mengatakan, per tanggal 21 Mei 2012 ada penambahan 4 orang terkonfirmasi positif dari hasil pemeriksaan laboratorium swab dari instalasi laboratorium sentral RSUD Dr Soetomo.

Dengan begitu, total jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Nganjuk yang sebelumnya 20 orang, kini menjadi 24 orang.

“Keempat pasien positif Covid – 19, yaitu seorang Wanita (25 th) dari Kecamatan Ngronggot. Ia merupakan anak dari karyawan Sampoerna yang meninggal karena Covid 19, di test rapid tanggal 29 April 2020 dengan hasil reaktif dan dievakuasi di RSUD Kertosono,” ungkap dr Hendriyanto kepada wartawan, Kamis malam (21/5/2020).

Peta sebaran Covid – 19 di Kabupaten Nganjuk per 21 Mei 2020

Selain itu, katanya, seorang laki-laki (28 th) dari Kecamatan Ngronggot, riwayat kerja di Surabaya, dilakukan rapid tanggal 4 Mei 2020 hasilnya reaktif dan langsung dievakuasi di RSUD Kertosono dan Wanita (60 th) dari Kecamatan Baron yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya dari klaster rekreasi. Dilakukan rapid test tanggal 8 Mei 2020, hasilnya reaktif dan langsung dievakuasi di RSUD Kertosono.

“Terakhir, sorang wanita (78 th) dari kecamatan Baron yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya dari klaster rekreasi, rapid tanggal 8 Mei 2020, hasil reaktif, lalu dilakukan evakuasi ke RSUD Kertosono,” tandasnya lagi.

Di samping penambahan 4 pasien terkonfirmasi positif, ia juga menyampaikan kabar gembira bahwa ada penambahan 1 orang pasien sembuh yaitu seorang wanita (45 th), pasien terkonfirmasi nomor 19, dari kecamatan Pace, yang bersangkutan adalah karyawan pabrik Sampoerna.

“Sehingga, total jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebelumnya 7 orang, kini menjadi 8 orang,” tegas dr Hendriyanto yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Bertambahnya kasus Covid – 19 di Kabupaten Nganjuk, kata dr Hendriyanto, Bupati Nganjuk berpesan agar masyarakat Nganjuk tetap tenang, waspada dan jangan panik. Patuhi arahan pemerintah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Data yang dihimpun, selain 24 orang terkonfirmasi positif, data perkembangan terakhir Pandemi Covid-19 di Nganjuk yaitu orang dalam resiko (ODR) sebanya 34.106, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 85 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 64 Orang, orang tanpa gejala (OTG) 692 Orang. Dari 24 orang yang terkonfirmasi positif, ada 8 orang yang sudah dinyatakan sembuh.

Reporter : Jumiati