DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMKN 1 Kertosono Buka PPDB Online 2 Tahap

Nganjuk, megapos.co.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk pada tahun 2020 sepenuhnya dilakukan secara online atau daring. Tahapan PPDP akan dimulai pada 8 Juni 2020 mendatang. Dengan demikian PPDB secara offline ditiadakan lantaran pandemi Covid-19 atau Corona.

Menurut Kepala SMKN 1 Kertosono, Drs Gaguk Wiyono Heru, di tengah pandemi Covid – 19 ini, pihaknya membuka PPDB online dua tahap, yaitu tahap I (Online Tentative) yang meliputi Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua atau Mutasi dan Jalur Prestasi Hasil Perlombaan/Kejuaraan. “Untuk PPDB online tentative ini, pendaftaran dibuka tanggal 15 – 16 Juni 2020,” ungkap Gaguk kepada megapos.co.id, Rabu (3/6/2020).

Sedangkan untuk tahap II (Online reguler), kata Gaguk, pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 25 – 27 Juni 2020. “Jalur reguler ini kuotanya lebih besar yaitu sebesar 75 persen,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk jalur afirmasi menyediakan kuota sebesar 15 persen. Termasuk bagi calon siswa dengan kondisi keluarga tidak mampu. Dengan syarat dibuktikan dari keikutsertaan mereka dalam program pemerintah seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat) atau KIP (Kartu Indonesia Pintar).

“Akan tetapi juga bisa menggunakan surat keterangan keluarga kurang mampu dari RT/RW dan kelurahan. Survei akan dilakukan setelah berkas diterima pihak sekolah,” jelasnya.

Sedangkan, jalur mutasi atau perpindahan tugas orang tua dengan kuota maksimal 5 persen. Untuk jalur ini, calon peserta didik harus melampirkan KK dan surat domisili minimal satu tahun.

Selanjutnya,  jalur prestasi yang dibedakan menjadi dua. Yaitu prestasi akademik dan non akademik dengan kuota 5 persen, masing-masing untuk prestasi akademik 2 persen dan prestasi non akademik 3 persen.

Untuk diketahui, jumlah pagu PPDP SMKN 1 Kertosono tahun 2020 ini terdapat 13 rombel untuk 6 kompetensi keahlian, masing-masing yaitu Teknik Pemesinan sebanyak 3 rombel, Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 rombel, Teknik Otomasi Industri 1 rombel, Rekayasa Perangkat Lunak 2 rombel, Tata Boga 3 rombel dan Tata Busana 2 rombel.

Reporter : Jumiati