DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Ir Mindo Sianipar Gelar Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPRI-RI

Nganjuk, megapos.co.id – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir Mindo Sianipar menggelar Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR-RI, Minggu (26/7/2020) di Balai Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Acara tersebut dimaksudkan untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Kegiatan yang bertema “Penataan Sistem Hukum dan Peraturan Perundang-undangan Berdasarkan Pancasila Sebagai Sumber Segala Sumber Hukum Negara” ini merupakan kerjasama DPR RI  dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Rakyat.

Kepala Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom, Sujarwo saat menyampaikan aspirasi

Selain serap aspirasi, acara tersebut juga diisi dengan materi tentang Penataan Sistem Hukum dan Peraturan Perundang-undangan Berdasarkan Pancasila sebagai Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho SH, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Judi Ernanto dan Camat Tanjunganom Edi Srijianto SE,MM.

Selain itu, acara ini juga diikuti lebih dari 150 peserta yang terdiri dari kalangan petani, kepala desa, THL dan pihak-pihak terkait.

Dalam kesempatannya, Ir Mindo Sianipar yang diwakili Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan acara ini dimanfaatkan untuk mendengarkan keluhan masyarakat sebagai sarana menyerap aspirasi masyarakat dan konstituen.

Wabup foto bersama peserta Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR-RI di Desa Kampungbaru

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mindo Sianipar yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya petani Nganjuk,” ungkap Marhaen Djumadi yang juga Wakabid Tani DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Periode 2019-2024.

Ia juga menegaskan pentingnya sinergitas jajaran anggota PDI Perjuangan yang duduk di DPRD Kabupaten, provinsi hingga di tingkat pusat. “Harapannya, sinergitas ini nantinya yang akan membantu memperjuangkan dan mensejahterakan masyarakat desa melalui program-program dari pemeritah,” tandasnya.

Senada dengan Wabup, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho mengungkapkan bahwa setiap melakukan reses anggota DPR RI dibutuhkan sinergitas PDI Perjuangan di tingkat bawah dengan induk partai.

“Mudah-mudahan dalam melakukan serap aspirasi yang dilakukan oleh Bapak Mindo Sianipar terkait dengan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat desa ini bisa terakomodir semua,” terang Ida Bagus yang juga Wakabid. Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

“Monggo, bapak ibu sampaikan aspirasi yang menjadi kebutuhan panjenengan. Aspirasi panjenengan semua ini, nanti akan kita sampaikan dan ditindaklanjuti oleh Bapak Mindo Sianipar yang selama ini, beliau konsisten memperjuangkan kebutuhan petani khususnya di Kabupaten Nganjuk,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong dan mengawal aspirasi masyarakat Nganjuk agar program-program pemerintah bisa terealisasi di tingkat desa.

Dalam forum yang digelar secara terbuka tersebut, banyak aspirasi yang disampaikan kalangan petani maupun kepala desa. Antara lain, terkait berbagai permasalahan yang sering menjadi momok bagi petani.

Seperti, di Desa Nglawak Kecamatan Prambon mengalami kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau untuk mengairi sawah, sedangkan di musim penghujan justru air mengembong.

Masyarakat Desa Kalianyar berharap adanya bantuan embung, karena mayoritas masyarakatnya sebagai petani, embung menjadi sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan produksi pertanian.

Selain itu, masyarakat Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom  berharap agar pemerintah bisa mendukung untuk mewujudkan Inovasi Desa Kedungrejo sebagai Desa Pariwisata Edukasi Pertanian Terpadu. Selain itu, juga berharap mendapatkan bantuan alat-alat pertanian dan aliran listrik masuk ke desa Kedungrejo.

Reporter : Jumiati