DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Pansel Umumkan Tiga Pejabat Calon Sekda Nganjuk, Tatit Berharap Seleksi Fair

Nganjuk, megapos.co.id – Tiga nama peserta seleksi pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (PTP Sekda) Kabupaten Nganjuk kini telah diumumkan oleh Pansel Sekda Nganjuk 2020. Hal ini sebagaimana hasil peringkat tertinggi seleksi berdasarkan Alphabetis dan berita acara Pansel Nomer 007/PANSEL/KAB-NJK/2020 diantaranya, Drs Mokhamad Yasin, MSi (Kepala Dinas Pendidikan) Drs. Nur Solekan, MSi (Pejabat Sekda/Kepala Dinas Perhubungan) dan Dr. Sopingi, AP, MM (Kepala Badan Kepegawaian Daerah).

Sebagaimana yang dikatakan Ketua Pansel Terbuka Pengisian (PTP) Sekda Kabupaten Nganjuk, Tauchid Djatmiko mengatakan, dari hasil seleksi uji kompetensi bidang/teknis dan Sosio kultural yang dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jatim telah menghasilkan tiga nama kandidat Sekda Nganjuk.

Dan ketiga nama tersebut langsung dilaporkan ke pejabat pembina Kepegawaian Kabupaten Nganjuk dan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) serta dilaporkan ke Gubernur Jawa Timur pada hari ini juga Rabu (29/7/2020) untuk mendapat persetujuan.

“Keputusan Pansel pengisian PTP Sekda Kabupaten Nganjuk 2020 adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Untuk siapa yang terpilih menjadi Sekda definitif dari ketiga nama tersebut, bisa dilihat dan diketahui pada besuk saat pelantikan yang akan diselenggarakan pada Selasa, 04/08/2020, itupun kalau tidak ada perubahan, tapi semoga pelantikan Sekda sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” kata Ketua Pansel Tauchid Djatmiko dalam berita acara pengumuman tiga peringkat teratas hasil seleksi pengisian jabatan Sekda Kabupaten Nganjuk.

Sementara Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono berharap, seleksi Sekda benar-benar fair dan yang terpilih nanti bisa menjadi pimpinan eksekutif tertinggi yang dapat menjalankan peran strategis pemerintahan daerah, dengan tupoksi sebagaimana dalam PP Nomer 41 tahun 2007, yang mempunyai kemampuan sebagai komunikator, koordinator, dinamisator, dan fasillitator dalam menjembatani serta membantu kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misinya.

Sekda terpilih nantinya, kata Tatit, juga harus mampu menyiapkan, menyusun, dan penyepakati program legislative daerah (Prolegda) dengan DPRD, menjaga kesetabilan kinerja aparatur masing-masing SKPD untuk mensinergikan implementasi kebijakan daerah melalui program-program nyata bagi masyarakat.

“Yang terpenting, siapapun yang terpilih nanti, mampu menjalankan amanah dalam mengimplementasikan tugas dan fungsi tersebut,” harap Kang Tatit.

Masih menurut Ketua DPRD Nganjuk Kang Tatit, Sekda terpilih nantinya benar-benar mampu menjalankan program daerah secara teoritis mempunyai enam faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalannya, diantaranya, lingkungan, nilai sumber daya, profesionalisme, politik, dan birokrasi. Karena kompetensi sekda adalah kekuatan utama dalam mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut untuk lancar atau terhambatnya setiap implernentasi kebijakan pemerintah dalam pembagunan daerah.

“Semoga Sekda terpilih nanti tidak seperti yang kemarin, yang belum mampu berperan aktif dan sering menimbulkan kebuntuan komunikasi antara eksekutif dengan legislative,” harapnya.

Selain itu, ia juga berharap sekda terpilih nanti, benar-benar mempunyai kompetensi dari berbagai pengalaman serta kualifikasi pendidikan yang dimilikinya bisa menjadi salah satu modal untuk mengemban amanah, juga memiliki kemampuan memahami dan mengadopsi nilai prinsip misalnya keiklasan dan kepecayaan juga perlu dijunjung tinggi serta mampu mengadopsi nilai-nilai lokal yang dapat mensinergikan seluruh program daerah,” pungkas kang Tatit yang juga ketua DPC PDIP Nganjuk.

Reporter : Wahyu Endyk

Editor : M Hartono