DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Dua Puskesmas di Kecamatan Sumobito Gelar Vaksin Covid-19

Jombang, megapos.co.id – Presiden RI Ir Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jombang untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksin Covid-19 di 21 kecamatan secara virtual di pendapa Pemkab Jombang, Senin (22/3/2021). Puskesmas Sumobito dan Puskesmas Jogoloyo termasuk diantaranya, yang juga melaksanakan vaksin Covid-19 secara massal dengan sasaran tokoh agama, tokoh masyarakat juga perangkat desa Sumobito beserta kepala desanya, yang bertempat di pendapa Desa Sumobito Kecamatan Sumobito.

dr Hexa selaku Kepala Puskesmas Sumobito kepada wartawan mengatakan, vaksinasi berkaitan dengan kegiatan l Presiden Jokowi ke Jombang untuk memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sehingga diharapkan ada sistem kekebalan masyarakat yang ada di Jombang.

“Dengan adanya vaksin ini, insyaAlloh kasus Covid-19 di Kabupaten Jombang bisa turun drastis bahkan sampai hilang, tapi bukan berarti setelah vaksin mengabaikan protokol kesehatan, tetapi harus menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak tetap harus dilaksanakan,” ungkap dr Hexa.

Menurutnya, vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sumobito dan Puskesmas Jogoloyo ini ada tahapannya. “Jadi yang kita vaksin ada tokoh masyarakat dan tokoh agama kurang lebih 105 orang dan ditambah perangkat desa Sumobito beserta kadesnya juga staf kecamatan bertambah 130 orang. Jadi semua yang sudah divaksin supaya kebal terhadap Covid-19 karena setiap hari berhadapan langsung dengan masyarakat,” terangnya.

dr Hexa menambahkan, vaksin Covid- 19 di Kabupaten Jombang pelasanaanya bertahap, pasalnya pengiriman vaksin dari pusat tidak langsung semuanya, jadi menyesuaikan jumlah yang ada.

“Puskesmas Sumobito dan Puskesmas Jogoloyo bersinergi dalam melaksanakan vaksin Covid-19, untuk Jombang terdapat 900.000 dan ini masih 16.000. Jadi, untuk masyarakat bersabar karena pasti akan dilaksanakan vaksin untuk masyarakat, tinggal menunggu waktu kiriman dari pusat karena droping vaksinnya menyesuaikan jumlah yang ada,” terang dr Hexa yang juga mewakili Kepala Puskesmas Jogoloyo.

Terpisah, Kades Sumobito menuturkan, pelaksanaan vaksin Covid – 19 dipusatkan di balai desa Sumobito karena di kantor kecamatan tempatnya kurang luas, maka dari itu pihak kecamatan menempatkan di pendapa balai desa Sumobito.

“Jadi kita siap ditempati untuk pelaksanaan vaksin ini. Saya berharap untuk menjaga semuanya khususnya masyarakat Desa Sumobito dan pada umumnya masyarakat Indonesia menjaga kesehatan, kita melaksanakan vaksin untuk pencegahan Covid-19. Alhamdulillah program pemerintah sudah terlaksana sampai hari ini dan kedepannya supaya Covid-19 cepat hilang,” pungkasnya.

Reporter : Wisnu