DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Plt Bupati Nganjuk Dampingi Gubernur Jatim Luncurkan Smartcard dan Cashless

Nganjuk, megapos.co.id – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Smartcard dan Cashless Rabu ( 29/9/2021) di Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan ini digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkolaborasi bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Bank Jatim.

Smartcard merupakan sistem record data administrasi kendaraan secara real time dan terintegrasi antar terminal se Jawa Timur. Dalam hal ini, Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk merupakan terminal tipe B pertama di Indonesia yang menerapkannya.

Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur, Dr. Nyono S.T., M.T., menuturkan, penerapan Smartcard ini dilatarbelakangi kurang optimalnya pelayanan di terminal dan kurangnya penggunaan teknologi dalam sistem informasi di terminal.

“Dengan diterapkannya Smartcard dan Cashless ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, aman, teratur, tepat waktu, bersih, dan nyaman sebagaimana yang telah diamanatkan dalam 5 citra manusia perhubungan,” ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat peluncuran Smartcard dan Cashless menyampaikan, peluncuran ini sebagai salah satu terobosan baru untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportsi bus antar kota antar provinsi.

“Sistem smartcard ini dimaksudkan untuk mengetahui data pergerakan atau perjalanan kendaraan dan penumpang dari tempat asal ke tempat tujuan yang terintegrasi antar terminal se-Jawa Timur dan mendukung konektivitas terminal secara real time,” papar Gubernur.

Sementara untuk uang elektronik atau cashless, kata Gubernur, bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan efisien dalam proses transaksi di masyarakat.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap Pemprov Jatim yang telah memilih terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk dalam penerapan Smartcard dan Cashless.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Nganjuk menyampaikan terimakasih kepada Ibu Gubernur beserta jajaran yang telah menjadikan Terminal Anjuk Ladang menjadi luar biasa,” kata Kang Marhaen, sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Menurutnya, hal ini merupakan program yang luar biasa, banyak informasi pada penggunaan Smardcard ini, seperti kelayakan armada, tarif dari tempat asal ke tempat tujuan, jadwal pemberangkatan dan jadwal tiba di tempat tujuan.

“Inovasi seperti inilah yang diharapkan masyarakat, inovasi yang memberikan kepastian kepada masyarakat,” tambah Kang Marhaen kader PDI Perjuangan yang juga Wakabid PDI Perjuangan Jawa Timur.

Marhaen juga menuturkan, penerapan Smartcard dan Cashless diharapkan dapat diadopsi oleh Kabupaten Nganjuk.

“Kami berharap, inovasi seperti ini bisa diadopsi oleh kabupaten Nganjuk, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi optimal,” ungkap Marhaen.

Sementara ditemui secara terpisah, Yuono pengemudi Bus PO Restu menuturkan jika penerapan Smartcard dan Cashless ini memudahkan pekerjaannya.

“Dengan adanya Smartcard dan Cashless ini, kami lebih mudah dalam bekerja. Kami juga bisa melihat jadwal keberangkatan kita,” ungkapnya.

Selain peluncuran Smartcard dan Cashless, Gubernur Jawa Timur dan Plt. Bupati Nganjuk juga menyempatkan menanam pohon di lingkungan Terminal Anjuk Ladang. Tak lupa Gubernur Jawa Timur dan Plt. Bupati Nganjuk mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

“Kami menghimbau kepada seluruhnya untuk selalu menjaga protokol kesehatan, dan bagi yang belum melaksanakan vaksinasi untuk segera mendaftarkan diri,” pungkasnya.

Reporter : Wahyu Endy