DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

DBHCHT Tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Bangun 2 Puskesmas

Nganjuk, megapos.co.id – Program Kesehatan yang menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk saat ini, mendapat dukungan dari pemerintah pusat dengan digelontorkannya Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Tahun 2021 ini, Pemkab Nganjuk menerima kucuran DBHCHT senilai milyaran rupiah yang diperuntukkan untuk sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), salah satunya Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Dra RR Heni Rochtanti MM mengatakan bahwa tahun 2021 ini, DBHCHT bidang kesehatan dialokasikan untuk membangun dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Nganjuk, yaitu Puskesmas Jatikalen dan Puskesmas Pace.

Menurutnya, penggunaan DBHCHT untuk pembangunan puskesmas menjadi prioritas. Karena memang pembangunan di sektor tersebut benar-benar membutuhkan.

“Pembangunan dua Puskesmas memang mendesak dilakukan. Sebab, kondisi bangunan tersebut kurang memadai, apalagi jumlah pasien yang datang tiap hari terus bertambah,” terang Heni kepada megapos.co.id, Jumat (12/11/2021).

Heni berharap, pembangunan puskesmas yang dilaksanakan nantinya akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Pembangunan ini merupakan bukti bahwa Pemkab Nganjuk peduli terhadap pemenuhan fasilitas kesehatan bagi penduduknya.

“Dinas Kesehatan ingin memberikan pelayanan semaksimal dan sebagus mungkin. Agar masyarakat bisa puas merasakan pelayanan kesehatan. Dan kedua, tuntutan masyarakat harus kita penuhi, khususnya di bidang pelayanan kesehatan,” bebernya.

Selain untuk membangun 2 Puskesmas, kata Heni, DBHCHT juga dialokasikan untuk pengadaan obat dan alat kesehatan (alkes) yang diperuntukkan bagi 20 Puskesmas se Kabupaten Nganjuk. “Semua itu, dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di Puskesmas,” tandasnya.

Ia berharap dengan adanya tambahan fasilitas kesehatan ini bisa menunjang kinerja paramedis sehingga kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Nganjuk semakin meningkat. “Mudah-mudahan dengan pemberian sarana prasarana ini layanan jadi semakin baik,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati