DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Pemkab Jombang Berkolaborasi dengan Pemdes Bangun 3000 MCK

Jombang, megapos co.id – Potret masyarakat yang ekonomi rendah memiliki tata ruang yang kumuh membuat mereka kurang menyadari arti penting dari fungsi MCK.

MCK (mandi cuci kakus) adalah sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan masyarakat.

MCK sehat merupakan cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata dapat mempengaruhi pola pikir individu untuk lebih memperhatikan lingkungan, menekan polusi udara dan pencemaran ekosistem.

Adapun dampak positif bagi masyarakat adalah perubahan perilaku, kebiasaan serta budaya manusia di lingkungan umum.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Heru Widjajanto mengatakankan, MCK merupakan salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama untuk keperluan mandi mencuci dan buang air oleh beberapa keluarga di lokasi pemukiman tertentu yang dinila tingkat kemampuan ekonomi rendah dan berpenduduk cukup padat.

“Dengan adanya pembangunan MCK umum yang sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat dapat berperan dalam pengendalian lingkungan,” ungkap Heru, Kamis (16/12/2021).

Untuk itu, kata Heru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang berkolaborasi bersama pemerintah desa berkomitmen membangun 3000 sanitasi berupa sarana MCK yang tersebar di desa se – kabupaten Jombang melalui program padat karya infrastruktur untuk mendukung program Jombang ODF.

“Pada tahun anggaran 2021 di Kecamatan Kabuh dibangun MCK Individual sebanyak 277 unit,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan ini dikemas dalam program kegiatan BERKADANG. Dimana tujuan dari program BERKADANG adalah membantu desa melalui mekanisme bantuan keuangan, yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dengan bentuk pembangunan fisik/belanja fisik dan non Fisik.

“Diharapkan melalui program ini nantinya menjadikan desa-desa di Kabupaten Jombang lebih sehat dan bebas ODF,” pungkasnya. (Adv)

Reporter : Wisnu
Editor : M Hartono