DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Plt Bupati Nganjuk Resmikan Taman Edukasi Desa Gejagan

Nganjuk, megapos.co.id – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi meresmikan Taman Edukasi Desa Gejagan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (5/2/2022).

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho, Kepala OPD terkait, Forkopimcam Kecamatan Loceret serta masyarakat Desa Gejagan dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengapreasiasi inovasi Pemerintah Desa Gejagan yang telah sukses mengembangkan Wisata Edukasi.

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (tengah) dan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho saat menemani siswi TK belajar menanam cabe

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bersama stake holder terkait mendukung penuh Wisata Edukasi ini,” ungkap Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Kang Marhaen berharap, inovasi ini terus dikembangkan untuk meningkatkan perkonomian masyarakat khususnya warga Desa Gejagan.

Diakuinya, Wisata Edukasi Desa Gejagan ini, bisa menjadi alternatif wisata berkonsep pertanian yang memanfaatkan areal kebun dan sawah.

“Sehingga, harapannya, pengunjung utamanya anak-anak bisa belajar sambil menikmati alam,” ujarnya.

Menurut Kang Marhaen, belajar maupun lomba untuk anak tidak harus dilakukan di gedung ataupun kantor, akan tetapi bisa dilaksanakan di alam terbuka.

“Di samping bisa menghirup udara segar, anak- anak bisa menikmati pemandangan indah yang ada di persawahan,” imbuh Kang Marhaen.

Hal tersebut, katanya, merupakan cara model belajar pengembangan otak kanan sehingga bisa melatih dan mengasah kreativitas anak.

“Pemkab Nganjuk akan mendukung penuh Wisata Edukasi Desa Gejagan ini dalam rangka pengembangan ekonomi desa,” pungkasnya.

Kepala Desa Gejagan, Dedy Nawan

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gejagan, Dedy Nawan menuturkan bahwa peresmian Wisata Edukasi Desa Gejagan ini untuk memberikan spirit bagi masyarakat dan BUMDes Gejakan.

“Kita berharap hal ini bisa sebagai percontohan dan motivasi bagi BUMDes-BUMDes yang lain,” ungkap Dedy.

Diakuinya, Wisata Edukasi Desa Gejagan ini merupakan destinasi wisata berkonsep edukasi pertanian terpadu.

“Dengan konsep ini, selain bisa berwisata, kita juga ingin memberikan edukasi kepada anak yaitu bagaimana bercocok tanam, untuk itu kita juga mempersiapkan media untuk belajar menanam,” bebernya.

Masih menurut Dedy, banyak fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung di Wisata Edukasi, diantaranya kolam renang, fly fox, media tanam, gazebo dan mengenal berbagai binatang.

“Wisata Edukasi ini berdiri di areal sawah seluas 1,7 hektar. Kita tidak mengubah bentuk, masih dalam konsep blok pertanian,” katanya.

Menurut Dedy, di areal sawah tersebut juga terdapat berbagai tanaman seperti jahe merah, bunga matahari, jambu kristal dan sebagainya.

“Kita berharap, di sini bisa menjadi pusat pelatihan bersama terkait pemberdayaan ekonoki kerakyatan,” tandasnya lagi.

Selain itu, tambah Dedy, pihaknya juga menyediakan Food Court untuk mengembangkan UMKM di Desa Gejagan.

“Alhamdulilah, BUMDes Gejagan kita berdayakan dan mengelola berbagai unit usaha yang ada di desa untuk kesejahteraan masyarakat khususnya warga Desa Gejagan,” pungkasnya.

Diketahui, selain peresmian Wisata Edukasi, dalam kesempatan yang sama juga digelar Lomba Mewarnai tingkat TK se Kecamatan Loceret.

Pantauan megapos.co.id, peserta lomba terdiri dari siswa siswi tingkat TK yang didampingi orang tuanya tampak antusias mengikuti lomba.

Adapun para pemenang lomba mewarnai yaitu juara 1 Wahyu Tri Jatmiko dari TK Pertiwi Sukorejo, juara 2 Nisa dari TK Pertisi Gejagan, juara 3 Ima dari TK Pertiwi Candi Rejo, harapan 1 Kayla dari TK Pertiwi Sombron, juara harapan 2 Aini dari TK Dharma Wanita Desa Sekaran dan juara harapan 3 Ridho dari TM Dharma Wanita Desa Macanan.

Reporter : Jumiati