DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pemerintah Desa Sumberdadap Salurkan BLT DD Tahap 3 Kepada 104 KPM

Tulungagung, megapos.co.id – Bertempat di Balai Desa Sumberdadap, Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung, pada Senin (7/3/2022), Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberdadap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap ketiga di bulan Maret tahun  2022.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Sumberdadap Slamet Rianto beserta perangkat desa, pendamping desa serta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Slamet Rianto kepala desa Sumberdadap menjelaskan bahwa, KPM penerima BLT dana desa pada tahun 2022 ada 104 Kepala Keluarga (KK).

“BLT dana desa tahun 2022 lain dengan BLT dana desa tahun 2021, kalau di tahun 2022 BLT dana desa sudah ditentukan minimal 40 persen dari jumlah dana desa yang diterima. Hal ini sesuai Perpres Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022 , diterimakan 300 ribu setiap bulan sampai bulan Desember 2022 yang bersumber dari dana desa,” jelasnya.

Lebih lanjut Slamet Rianto mengatakan, pemilihan penerima bantuan ini tidak asal pilih, karena data penerima bantuan tidak boleh ada yang tumpang tindih dengan penerima bantuan yang berasal dari sumber anggaran lainnya.

“Semua yang menerima sudah melalui proses verifikasi dan falidasi serta musdes khusus bersama RT, RW, perangkat, BPD dan tokoh masyarakat beberapa waktu yang lalu,” imbuhnya.

Tujuan pemberian bantuan ini adalah supaya masyarakat yang tidak mampu dengan adanya pandemi virus covid-19 ini bisa terbantu.

Slamet Rianto berharap bantuan ini tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat yang menerimanya, sebab bantuan ini hanya pada saat terjadi bencana pandemi wabah covid-19 ini.

“Semoga penyaluran BLT dana desa ini bisa meringankan beban ekonomi bagi keluarga penerima manfaat, apalagi saat ini kita sedang mengalami pandemi yang cukup panjang”, harap nya.

Dalam sela-sela penyaluran BLT Dana Desa, Slamet Rianto menghimbau kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi covid 19 ini diharapkan tetap tenang, jangan panik dan selalu patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran dan himbauan pemerintah.

“Usahakan dalam masa pandemi ini kondisi panjenengan agar selalu fit, jaga selalu imunitas tubuh,” himbau Andhik.

Pelaksanaan penyaluran BLT dana desa tersebut berjalan lancar hingga selesai dan Pemdes Sumberdadap tetap menekankan kepada penerima bantuan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan, cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.

Reporter : Sudarwanto