DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Diklat Jurnalistik, PWI Nganjuk Tingkatkan Motivasi Menulis bagi Pelajar di SMP Negeri 1 Prambon

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk memotivasi generasi muda khususnya pelajar di SMP Negeri 1 Prambon untuk semangat menulis. Oleh karena itu, untuk mengasah kemampuan menulis, PWI Nganjuk menggelar Diklat Jurnalistik.

Acara yang diikuti 30 peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik SMP Negeri 1 Prambon ini, digelar di ruang laboratorium IPA SMP Negeri 1 Prambon, Senin (14/3/2022).

Kegiatan yang bertajuk Roadshow Goes to School Diklat Jurnalitik ini menghadirkan tiga pemateri, yaitu wartawan Harian Koran Memo, Muji Hartono memberikan materi tentang Teknik Reportase dan Penulisan Berita dan Wartawan Akurasinews.com Agus Karyono, menyampaikan materi tentang pengenalan media dan video jurnalis.

Lalu, materi tentang Pro Iklim dan Tiga Peristiwa Bersejarah di Nganjuk disampaikan Wartawan Nganjuk TV Sukadi.

Suasana praktik wawancara cegat

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan bahwa kegiatan diklat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022.

Selain itu, kata Andik, kegiatan diklat ini juga untuk mengajak generasi muda agar gemar menulis serta memberikan edukasi kepada pelajar tentang dunia jurnalistik.

“Alhamdulilah, adik-adik sangat antusias mengikuti kegiatan diklat yang digelar hari ini,” ungkap Andik usai kegiatan diklat.

Menurutnya, hal ini dikarenakan di SMP Negeri 1 Prambon terdapat kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, bahkan sudah menghasilkan produk jurnalistik berupa majalah sekolah.

“Dengan kegiatan diklat ini, mudah-mudahan produk majalah sekolah yang dihasilkan semakin inovatif dan kreatif,” katanya.

Masih menurut Andik, diklat yang digelar hari ini merupakan roadshow kelima, setelah sebelumnya dilakukan diklat serupa yaitu di SMP Negeri 3 Nganjuk, SMP Negeri Satu atap Ngetos, SMP Negeri 2 Jatikalen dan SMP Negeri 3 Rejoso.

Ia berharap, dengan diklat ini, PWI Nganjuk bisa memberikan kontribusi di dunia pendidikan agar pelajar di Nganjuk lebih melek jurnalistik.

Diketahui, selain diklat jurnalistik, dalam rangka memperingati HPN tahun 2022, PWI Nganjuk juga menggelar sejumlah kegiatan, diantaranya yaitu kataman quran, tasyakuran serta tanam bibit pohon dan tebar benih ikan.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Prambon, Muhammad Abdulloh Alwy berterimakasih kepada PWI Nganjuk yang telah memberikan kesempatan kepada anak didiknya untuk mengikuti diklat jurnalistik.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik ini bisa memberikan pemahaman kepada anak didiknya agar mengenal lebih jauh dunia jurnalistik dan memberikan ilmu atau keahlian dalam menulis.

Diakui Alwy, dengan segala keterbatasan ilmu jurnalistik dari pembina maupun anak didiknya, SMP Negeri 1 Prambon sudah mampu menerbitkan majalah sekolah sebanyak 3 edisi.

“Alhamdulilah, kita sudah menerbitkan majalah sekolah dan isyaAlloh bulan Juli mendatang akan terbit untuk edisi yang ke-4,” tegasnya.

Alwy berharap, dengan mengikuti diklat yang diinisiasi PWI Nganjuk ini, anak didiknya bisa lebih memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu jurnalistik sehingga harapannya bisa diterapkan untuk penerbitan majalah sekolah edisi ke-4 agar lebih sempurna.

“Semoga, melalui kegiatan ini, para siswa semakin terdorong untuk membuat karya. Minimal, para siswa menjadi wartawan bagi sekolahnya sendiri,” pungkasnya.

Editor : Jumiati