DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

DD Tahun 2022, Pemerintah Desa Jatimulyo Bangun GOR

Tulungagung, megapos.co.id – Program Dana Desa yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia berdampak sangat besar bagi pembangunan infrastruktur di daerah pedesaan tak terkecuali bagi warga masyarakat Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.

Pemerintah Desa Jatimulyo pada tahun 2022 ini, memulai pelaksanaan pekerjaan tahap awal Pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) bertempat di sebelah utara balai desa setempat pada Minggu (20/3/2022).

Biaya pembangunan tersebut bersumber dari Dana Desa sebagaimana telah terangkum dalam APBDes Desa Jatimulyo tahun anggaran 2022.

Sugiyono, Kepala Desa Jatimulyo menjelaskan bahwa peletakan batu pertama diawali dengan acara selamatan atau kenduri bersama warga dan tokoh masyarakat.

“Semoga, proses pembangunan GOR Desa Jatimulyo ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa rampung sesuai dengan perencanaan,” harapnya.

Menurutnya, acara selamatan atupun kenduri ini merupakan sebagai bentuk meminta berkah kepada-Nya supaya nantinya dengan dibangunnya GOR ini diharapkan banyak nilai positif dan manfaat dan proses pembangunannya berjalan lancar.

“Hal ini tentu saja membutuhkan peran serta dari seluruh lembaga yang ada di Desa Jatimulyo beserta seluruh warga masyarakat Desa Jatimulyo,” imbuhnya.

Sugiyono menambahakan, pembangunan tahap awal GOR Desa berupa sebagian pondasi GOR Jatimulyo tersebut akan menelan biaya Rp 155 juta yang dalam perencanannya akan dibangun dalam beberapa tahap.

“Diperkirakan hingga akhir tahun ini pembangunan tersebut akan mencapai 30 persen, dimana nantinya rangka baja untuk struktur bangunan di rencanakan di anggarkan di tahap berikutnya dan di harapkan nantinya bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD),” tukasnya.

Rencananya bangunan GOR tersebut, lanjut Sugiyono, akan dijadikan bangunan multifungsi yang dapat menambah PAD yang nantinya dapat menunjang peningkatan SDM warga masyarakat Desa Jatimulyo.

“Khususnya dalam bidang olah raga juga dapat digunakan untuk mengadakan acara-acara seperti resepsi pernikahan, upacara-upacara resmi ataupun event-event yang diselenggarakan baik oleh Pemerintah Desa maupun oleh pihak ketiga termasuk warga masyarakat Desa Jatimulyo itu sendiri,” pungkasnya.

Diketahui, acara peletakan batu pertama tersebut dihadiri oleh berbagai unsur, mulai dari pihak Pemerintah Kecamatan Kauman, lembaga BPD Desa Jatimulyo, lembaga kemasyarakatan Desa Jatimulyo seperti Karang Taruna, LPM, PKK dan para Ketua RW juga dari elemen lain diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para penggiat olahraga.

Reporter : Sudarwanto