DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Peningkatan SDM, Kecamatan Lembeyan Gelar Bimtek dan Sosialisasi

Magetan, megapos.co.id – Untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) terutama bagi aparat pemerintah desa, Kantor Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se-Kecamatan Lembeyan.

Kegiatan bimtek tersebut, digelar selama 2 hari yaitu tanggal 26 – 27 Maret 2022 di Sarangan, Kabupaten Magetan.

Kegiatan diawali dengan bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa. Pesertanya, kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, operator SIAK dan operator PTKS se-Kecamatan Lembeyan.

Narasumber dalam bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa tersebut dari kantor ATR/BPN Kantor Pertanahan Kabupaten Magetan.
Tema yang diambil, administrasi pertanahan yang ada di desa, tata kelola pengadministrasian dengan SUP yang terbaru. Lalu disambung dari bagian hukum untuk teknik penyusunan produk hukum di desa.

“Jadi kita menyamakan persepsi dari pada kita meng-update dengan peraturan perundangan yang terbaru,” kata Sinung Kasi Pemerintahan Desa (Pemdes) Kecamatan Lembeyan, Sabtu (26/3/2022).

Acara bimtek dilanjut pada malam hari dengan narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Magetan, dengan peserta operator DPKS, terkait update data terpadu kesejahteraan sosial yang diinstruksikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Narasumber selanjutnya dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan, yang menjelaskan tentang pelayanan terpusat adminduk yang ada di desa.

“Nantinya masyarakat tidak perlu ke kantor dispenduk atau kecamatan untuk pelayanan adminduknya. Cukup melalui kantor desa,” jelas Sinung.

Sinung menambahkan, setelah bimtek terkait adminduk yang digelar pagi hari, pada siang hari sampai malam dilanjut dari Dinas PMD Kabupaten Magetan, terkait pengelola keuangan di desa.

“Materinya berhubungan dengan tata kelola keuangan di desa, beserta pertanggung jawaban kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan APBDes. Dengan kegiatan bimtek dan sosialisasi ini diharapkan kinerja para aparatur pemerintah desa semakin optimal,” tutup Sinung. (adv)

Reporter : Supari

Editor : M Hartono