DaerahHead Line NewsMalangPolitik & Pemerintahan

Pembersihan Aliran Irigasi, Program Unggulan DPUSDA Kabupaten Malang

Malang, megapos.co.id – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang mempunyai program unggulan yang sangat bagus yaitu membersihkan aliran-aliran sungai irigasi di wilayah kerjanya sebagai kegiatan rutinitas.

Rutinitas membersihkan saluran irigasi dilakukan pegawai di lingkungan DPUSDA bekerjasama dengan warga setempat sebagai kolaborasi yang terus dipupuk agar tercipta sinergitas yang kuat.

Hal itu dilakukan, di samping aliran sungai irigasi menjadi bersih dan terawat, warga masyarakat sekitar dapat memanfaatkan saluran irigasi yang bersih dan asri itu, sebagai tempat wisata air.

Kepala DPUSDA Kabupaten Malang, Ir Avicenna Medisica Saniputera MT menjelaskan, DPUSDA mempunyai empat program unggulan, antara lain perencanaan dan pengembangan SDA, pengembangan dan rehabilitasi jaringan irigasi serta penanggulangan darurat akibat bencana.

Lalu, program operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana penyediaan air irigasi dan program bina manfaat dan kemitraan sumber daya air.

“D isamping itu, DPUSDA memiliki juga tiga sasaran strategis kebijakan, yaitu menurunkan angka kemiskinan, mengoptimalkan potensi pariwisata, pelestarian lingkungan hidup,” ucap Avicenna.

Menurutnya, potensi pariwisata yang dimaksud adalah wisata binaan dari DPUSDA Kabupaten Malang Telaga Madirejo yang ada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

“Telaga Madiredo merupakan salah satu tempat pariwisata berbasis irigasi dengan memanfaatkan aliran air yang berasal dari Sumber Mas dan terletak di Dukuh Meduran, Dusun Lebo, Desa Madiredo Kecamatan Pujon Jawa Timur,” katanya.

“Air Telaga ini berukuran sekitar 200 meter dan berkedalaman sekitar 1,5 meter dan sangat cocok dikunjungi karena jalur akses menuju ke telaga ini sangat mudah dan dekat dengan rumah penduduk, airnya pun di jamin 100 persen sejuk dan bersih,” imbuh Avicenna.

Kadis PUSDA juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang khususnya di daerah aliran sungai irigasi untuk ikut merawat dan menjaga fasilitas sumber daya air.

“Mari kita rawat dan jaga fasilitas sumber daya air, dan terus dukung pembangunan di Kabupaten Malang sebagai bagian dari keberhasilan program unggulan dan kebijakan strategis,” pungkasnya. (Adv/Hen).