DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Gelar Forum Pengembangan Ekspor Nasional di Magetan

Magetan, megapos.co.id – Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Magetan mengadakan diskusi dalam Forum Pengembangan Ekspor Nasional.

Diketahui, Forum Pengembangan Ekspor Nasional ini digelar di salah satu rumah makan di Kabupaten Magetan, yang dihadiri oleh Bupati Magetan, pelaku UMKM dan pengusaha atau eksportir.

Bupati Magetan Suprawoto hadir dan membuka acara forum ini, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan RI Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional yang memilih Kabupaten Magetan untuk melaksanakan acara ini.

Menurut Suprawoto, acara seperti ini bisa mengedukasi pelaku usaha untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang peluang ekspor, sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya forum ini bisa memberi peluang pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa laku di luar negeri, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Magetan khususnya,” ujar Suprawoto.

Suasana Forum Pengembangan Ekspor Nasional

Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional RI Ganef Judawati dalam laporannya menyampaikan tentang perkembangan ekspor Indonesia, salah satunya Kabupaten Magetan yang memiliki sangat banyak potensi dari berbagai UMKM yang bisa dijadikan komoditi ekspor.

“UMKM ini kita arahkan agar kualitas produksinya semakin baik, dan layak untuk diekspor. Karena kami yakin produk yang dihasilkan dari UMKM di Kabupaten Magetan memang layak untuk diekspor,” ujarnya.

Acara Forum Pengembangan Ekspor Nasional ini dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan bersama staf, dan diikuti seluruh pelaku usaha serta pelaku UMKM di Kabupaten Magetan.

Adapun narasumber yang dihadirkan selain Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Ganef Judawati, juga menghadirkan Koordinator Bidang Program PEN Akbar Rahmaturrahim, Wasiyanto dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan EKspor Indonesia, Hamidi dari Direktorat Pengembangan Produk Ekspor, serta Bobsi Tua Samosir Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor.

Sucipto, Kepala Disperindag Kabupaten Magetan mengatakan, materi yang dibahas pada forum ini antara lain mengenai berbagai program strategis dari Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional.

Selain itu juga membahas kebijakan fasilitasi ekspor, optimalisasi pemanfaatan FTA, dan kebijakan ekspor daerah yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku ekspor.

“Juga dibahas potensi ekspor Kabupaten Magetan yang dapat dikembangkan seperti kerajinan kulit, kerajinan anyaman bambu, dan lain sebagainya,” ungkap Sucipto.

Sebagai informasi, saat ini ada beberapa perusahaan dan UMKM yang telah menjual hasil produksinya ke luar negeri, seperti PT. Raja Dunia eksportir empon – empon, PT. Admira hasil produksi playwood, PT. Timur Raya Albasia dengan produknya papan taekwondo, serta PT. KSS produk Garmen. (Adv/Pari