BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Tradisi Bersih Desa Rejoso, Wujud Syukur kepada Sang Pencipta

Blitar, megapos.co.id – Bersih desa merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan di setiap desa di Pulau Jawa.

Bersih desa merupakan warisan budaya turun temurun dari leluhur yang sudah ada sejak pertama kali berdirinya desa dengan tujuan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah rizki.

Bersih desa juga sebagai kilas balik untuk mengingat dan menghormati para leluhur yang telah bersusah payah untuk mbabat alas/hutan dari hutan belantara hingga menjadi karang pradesan/ desa.

Termasuk di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Tulungagung, bersih desa dilakukan setiap tahun di bulan Selo.

Bersih desa biasanya ditandai dengan rangkaian kegiatan hari jadi Desa Rejoso ke – 167 untuk menguri nguri budaya jawa sekaligus ruwatan atau nyadran adat di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar, Senin (13/6/2022).

Adapun rangkaian acara bersih desa tersebut, adalah ruwatan atau nyadran.

Selain itu, mengadakan lomba bersih lingkungan antar RW se-Desa Rejoso yang diikuti 6 RW dari 27 RT dan 3 dusun.

Saat dikonfirmasi, awak media, Wawan Aprilianto Kepala Desa Rejoso mengatakan, momen ini sangat ditunggu-tunggu untuk menumbuhkan kembali rasa kebersamaan setelah 2 tahun tidak bisa melaksanakan kegiatan apapun yang diakibatkan pandemi Covid-19.

“Untuk itu, kegiatan bersih desa ini tak hanya diwarnai dengan kearifan budaya, namun kita juga ramaikan dengan lomba bola voli putra dan putri se-Desa Rejoso,” tutup Wawan. (Adv/Ayu)