DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Desa Mojokrapak Gelar Sedekah Bumi

jombang, megapos.co.id – Gelar sedekah bumi setiap tahunnya selalu dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di Kabupaten Jombang.

Dalam tradisi sedekah bumi sendiri terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yaitu mengenai keimanan dalam ritualnya terdapat pembacaan doa dan tahlil sebelum dimulainya acara yang melambangkan kewajiban mengingat Allah SWT sebagai dasar keimanan.

Makna tradisi sedekah bumi adalah bersyukur yang merupakan ajaran baik dalam agama Islam, untuk itu Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang menggelar sedekah bumi yang dilaksanakan pada Minggu (19/6/2022).

Tradisi sedekah bumi sudah melekat pada warga masyarakat Jawa yang hidup dari mengolah ladang dan sawah untuk mengucapkan rasa syukur atas nikmat dan pemberian hasil bumi.

Sedekah bumi bisa dilakukan dengan nyekar, kenduri, tayuban tergantung desa masing-masing yang bertujuan sebagai wujud syukur atas rizki hasil bumi.

Dalam pelaksanaan sedekah bumi ini, dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, BPD, tokoh agama tokoh masyarakat dan warga masyarakat Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

H.Warsubi selaku Kepala Desa Mojokrapak dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sedekah bumi merupakan salah satu tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang sudah dilestarikan secara turun temurun.

Di samping itu, tradisi sedekah bumi ini bertujuan untuk memupuk silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan di lingkungan masyarakat khususnya Dusun Bulak Desa Mojokrapak.

“Sebagai bangsa yang besar hendaknya kita tetap menjunjung tinggi dan nilai melestarikan tradisi pendahulu, sebagai nilai luhur budaya bangsa,” tandas Kades Mojokrapak.

Menurut Warsubi, acara ini digelar mulai pagi sampai sore dengan hiburan atraksi reog, tradisi sedekah bumi bertujuan mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas pemberian riski yang melimpah dengan hasil bumi,” tukasnya.

Ia berharap, dengan adanya sedekah desa ini bisa lebih mendapatkan riski yang melimpah, sedekah bumi ini diharapkan untuk memupuk rasa gotong royong kebersamaan, sesuai yang ada dalam dalilnya “Laing syakartum laazidannakum walaing kafartum Inna adzabi la sadid ” barang siapa yang bersyukur maka akan kami tambah nikmatnya dan barang siapa yang inkar atas nikmatku maka adzab yang pedih yang diterimanya,” imbuhnya.

“Semoga giat sedekah ini membawa barokah dan manfaat khususnya bagi Dusun Bulak dan umumnya bagi warga Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang,” pungkas Kades Mojokrapak. (Nu)