DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bupati Trenggalek Dampingi Kunjungan Menparekraf RI di Desa Wisata Pandean

Trenggalek, megapos.co.id – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin langsung mengendarai mobil listrik saat mendampingi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno di Desa Wisata Pandean, Kabupaten Dongko, Kamis (30/6/2022).

Bersama istri Novita Hardini, Mas Ipin dan Mas Menteri Sandiaga mengendarai mobil listrik ini dari sekretariat Pokdarwis ke Kantor Desa Pandean Dongko.

Mobil bertenaga surya berwarna merah ini, merupakan hasil karya siswa SMK Muhammadiyah Watulimo.

Di sepanjang jalan, masyarakat berbondong-bondong memberikan sambutan meriah dengan mengenakan pakaian adat Jawa.

Bahkan suguhan budaya khas Trenggalek mengiringi kunjungan para Menparekraf muda, mulai dari Tari Turonggo Yakso, Tari Gambyong Pareanom, permainan tradisional cublak-cublak suweng, kothekan lesung, flying elo dan river tubing watukkandang.

Menteri Sandiaga juga menyambut baik kehadiran mobil listrik di Trenggalek sebagai bentuk pelestarian energi baru dan terbarukan yang dipadukan dengan kearifan lokal.

“Yang menarik dari kendaraan MNA ini adalah diproduksi oleh teman-teman dari SMK Muhamadiyah Watulimo di Trenggalek. Dan sebelumnya saya mencobanya dan ada sensasi menurut saya ini yang perlu kita kerjasamakan,” kata Mas Menteri.

Di sisi lain, Mas Menteri juga mengagumi Desa Wisata Pandean yang telah berkembang pesat meskipun dalam kurun waktu singkat.

“Desa wisata Pandean ini masih berusia di bawah 1 tahun, karena 2021 baru dibentuk oleh Pokdarwis tapi menembus 50 besar juga prestasinya,” terangnya.

Menurutnya, potensi kepariwisataan yang dimiliki desa ini patut mendapatkan apresiasi, mengingat desa wisata ini diawali dengan upaya konservasi sungai hingga pemberdayaan masyarakat.

Sehingga diharapkan oleh Menteri Sandiaga, ke depan masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari potensi pariwisata disamping kelestarian ekologi lingkungan yang ikut terjaga. (Sdr)