DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pemdes Tanjungsari Manfaatkan BK Kabupaten Bangun Rabat Beton

Tulungagung, megapos.co.id – Geliat pembangunan serta penataan infrastruktur di kawasan pedesaan menjadi salah satu prioritas guna menopang lancarnya perekonomian di desa.

Seperti halnya di Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, khususnya sektor pertanian melalui Bantuan Keuangan ( BK) yang bersumber dari APBD Kabupaten Tulungagung, Pemdes Tanjungsari bersama warga sepakat membangun jalan rabat beton sentra produksi sawah.

Kepala Desa Tanjungsari, Mochamad Rifa’i menerangkan, bahwa pada hari ini Selasa 12 Juli 2022 pembangunan rabat beton mulai dikerjakan dengan 6 pekerja yang menggunakan tenaga kerja dari warga Desa Tanjungsari.

“Rabat beton sepanjang 352 meter dengan lebar 3 meter yang berada di area persawahan Dusun Tanggul angin dengan anggaran BK Kabupaten nantinya diharapkan dapat meringankan pengangkutan hasil produksi pertanian sawah dan melancarkan jalur transportasi masyarakat beraktifitas di sawah,” terang Kades Rifa’i.

Diakuinya, hari ini dimulai pengerjaanya, dengan adanya pembangunan rabat ini, masyarakat merespon baik karena dirasakan langsung manfaatnya.

“Terlebih lagi progres pengerjaannya langsung di kelola masyarakat melalui progam padat karya,” katanya.

Menurutnya, pengerjaannya disepakati secara swakelola agar bisa memanfaatkan tenaga setempat dengan harapan ada rasa memiliki akses jalan dan juga sekaligus dapat membantu ekonomi masyarakat.

Ia menambahkan bahwa seperti pembangunan jalan rabat beton, masyarakat tidak ada lagi hambatan dan lancar berkendaraan menuju persawahan, juga bermanfaat lancarnya mengangkut pendistribusian hasil panen sekaligus pemberdayaan masyarakat, karena dikerjakan langsung oleh masyarakat yang juga membantu meringankan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Tujuan kami bangun rabat beton di area persawahan adalah untuk memudahkan pendistribusian hasil panen dan akses aktivitas warga petani ke sawah, karena memang ketika hujan, akses jalan ini becek dan susah di lalui,” imbuhnya.

Rifa’i berharap, seusai pembangunan nanti warga bisa memanfaatkan akses jalan rabat beton untuk memperlancar aktivitas ke sawah.

“Sehingga apa yang menjadi usulan warga Desa Tanjungsari khususnya bidang infrastruktur, secara bertahap akan di laksanakan,” tukasnya.

“Tentunya kami akan berupaya apa yang terbaik untuk warga kami untuk pembangunan desa bidang infrastruktur secara bertahap kami realisasikan,” pungkasnya. ( SDR)