DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Buka Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Ir Mindo Sianipar : Pancasila Pemersatu Bangsa

Nganjuk, megapos.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI, Ir Mindo Sianipar membuka Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Kamis (4/8/2022) di Rumah Aspirasi, Desa Gejagan, Kecataman Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Hadir dalam acara tersebut, anggota Komisi IV DPR RI Ir Mindo Sianipar, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Ida Bagus Nugroho, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono dan Forkopimcam Loceret.

Ir Mindo Sianipar foto bersama peserta Sosialisasi Empat Pilar

Kegiatan ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi IV DPRD RI, Ir Mindo Sianipar mengungkapkan, bahwa Pancasila adalah sebagai dasar dan ideologi negara.

“Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa, sebab Pancasila itu menjadi pedoman bagi masyarakat di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Mindo.

Menurutnya, nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila adalah nilai yang mendasar untuk dijadikan pedoman peraturan dan dasar dari norma-norma hukum yang berlaku di negara Indonesia.

“Demikian juga dalam pandangan hidup, Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa karena dalam setiap sila sudah mengatur manusia di Indonesia secara umum, tidak membeda-bedakan antara agama, suku dan Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan saling memiliki keterkaitan antar sila,” tandas legislator PDI Perjuangan 5 periode ini.

Untuk itu, kata Mindo, menjadi kewaiiban konstitusi untuk mensosialisasikan empat pilar berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi Empat Pilar ini, harus kita sosialisasikan secara terus menerus, utamanya Pancasila, tidak hanya untuk dihafalkan saja, akan tetapi harus menyatu di dalam peri kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengapresiasi anggota Komisi IV DPR RI, Ir Mindo Sianipar.

“Bapak Mindo merupakan tokoh senior PDI Perjuangan yang telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama petani di Nganjuk,” tukas Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen mengucapkan terimakasih kepada Ir Mindo Sianipar yang selama ini telah memperjuangkan aspirasi masyarakat Nganjuk.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Nganjuk berterimakasih kepada beliau,” katanya.

“Karena, program-program dan bantuan dari pak Mindo ini, sangat dirasakan manfaatnya bagi petani di Kabupaten Nganjuk,” tukasnya.

Kang Marhaen pun berharap, kolaborasi dan sinergi antara DPRD di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat dapat mengawal aspirasi masyarakat.

“Kami, di eksekutif tentunya akan mensupport dan mendukung dengan menindaklanjuti program-program yang di kawal DPR termasuk sosialisasi empat pilar ini,” terangnya.

Diketahui, Sosialisasi Empat Pilar ini diisi oleh narasumber yaitu Drs Rasyid Anggara.

Adapun materi sosialisasi tersebut yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Reporter : Jumiati