DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Peringatan HKGN 2022, Sekda Ajak Anak-anak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Nganjuk, megapos.co.id – Memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahum 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Nganjuk dan Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Cabang Kabupaten Nganjuk menggelar sikat gigi bersama di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk, Senin (12/9/2022).

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Drs Moh Yasin MSi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Drs Sudrajat MM dan jajarannya, Direktur Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk, Kepala SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk, Ketua PDGI Cabang Nganjuk, drg Ronny, Ketua PTGMI Cabang Kabupaten Nganjuk dan undangan lainnya.

Sekda Yasin saat pelepasan balon menandai dimulainya aksi sikat gigi serentak

Untuk diketahui, peringatan HKGN yang dilaksanakan serentak secara nasional tersebut, mengambil tema “Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia”.

Di Kabupaten Nganjuk, sikat gigi serentak dilaksanakan di 3 titik yaitu SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk, SDN 1 Kauman dan SD Islam Terpadu Baitul Izzah. Total ada 1.500 siswa sekolah dasar mengikuti kegiatan sikat gigi massal serentak.

Di sela pelaksanaan sikat gigi bersama, para siswa siswi diberikan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh dokter gigi.

Siswa siswi SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk tampak antusias mengikuti aksi sikat gigi serentak

Dalam kesempatan itu, Sekda Nganjuk, Drs Moh Yasin MSi mengajak siswa siswi untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Untuk menjaga kesehatan tubuh, diawali dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rajin menggosok gigi sejak dini,” ungkap Sekda Yasin.

Sekda berharap, edukasi untuk memelihara gigi bagi anak didik agar terus dilakukan agar ke depan mampu melahirkan generasi yang sehat dan cerdas

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk hari ini, bisa menjadikan teladan bagi sekolah lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua PDGI Cabang Nganjuk, drg Ronny mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelajar terkait pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan sikat gigi massal ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Aksi sikat gigi massal itu ditargetkan dapat memecahkan Rekor MURI sikat gigi massal bersama Menteri Kesehatan yang melibatkan 500 ribu anak di seluruh Indonesia,” terang drg Ronny.

Ia juga mengajak masyarakat Nganjuk khususnya anak-anak untuk memperhatikan kebersihan gigi mereka.

“Untuk menghindari sakit gigi maka kita harus gemar dan rutin untuk menggosok gigi. Pagi hari setelah makan, malam hari sebelum tidur,” tandasnya.

Reporter : Jumiati