DaerahHead Line NewsHukum & Kriminal

Peduli Warga Miskin, Polres Lamongan Bedah Rumah Mbok Inah

Lamongan, megapos.co.id – Wujud kepedulian Polres Lamongan terhadap masyarakat miskin di Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur, bukan hanya jargon semata.

Hal tersebut tercermin dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) bedah rumah, warga yang kurang mampu milik Mbok Inah (80), di Desa Kadungrembug, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan.

Diresmikan oleh Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K. M.Si., pada Jumat (16/9/2022)

Disampaikan oleh AKBP Yakhob, bahwa kegiatan bedah rumah mbok Inah yang sebelumnya tinggal di rumah yang tidak layak huni.

Dari hasil survey sebelumnya, rumah mbok Inah tidak layak, kalau hujan bocor. Maka dari itu, kata Kapolres, melalui momentum dalam rangka HUT Lalulintas ini, pihaknya berinisiatif melakukan bedah rumah.

“Kita bergerak bersama Satlantas yang dibantu CSR (Corporate Social Responsibility) untuk melaksanakan kegiatan ini biar bisa berjalan dengan lancar dalam memberikan rumah yang layak bagi mbok Inah,” ujar Kapolres.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan baksos Polantas Bedah Rumah, kepada masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Kapolres Lamongan menjelaskan, pihaknya melaksanakan bedah rumah sebanyak satu unit milik mbok Inah.

“Kita akan melihat lagi pada beberapa tempat lagi nanti dengan kegiatan yang sama yakni bedah rumah,” imbuhnya.

“Tentunya kita tidak akan lepas dari bantuan-bantuan CSR. Selama kita didukung oleh CSR ini tentunya program seperti ini berkelanjutan,” lanjut Kapolres.

Tentu saja, kata Kapolres, anggota yang dibatkan adalah anggota untuk membantu mensupport kegiatan tersebut yaitu dengan kerja bakti membantu tukang-tukang/pekerja dalam mendirikan rumah tersebut.

“Kegiatan bedah rumah warga tidak layak huni tersebut, merupakan salah satu agenda Polres Lamongan dalam rangka Hari Lalulintas Bhayangkara ke- 67 Tahun 2022,” tandas Kapolres Lamongan.

Satlantas Polres Lamongan juga telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial kepada nelayan yang terdampak akibat kenaikan BBM, Ojek Online, Bakti Sosial pembersihan rumah ibadah termasuk salah satu ini adalah bedah rumah.

Menurut Kapolres Lamongan, bakti sosial tersebut sebagai wujud kepedulian Polri khususnya Polantas hadir di tengah-tengah masyarakat terhadap warga kurang mampu.

“Seperti yang tertuang dalam program bapak presiden Nawacita, bahwa kita dimana negara hadir di tengah-tengah masyarakat dan Polri sebagai pelindung, pengayom pelayan untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat,” bebernya.

“Sehingga dapat melakukan segala aktifitas yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Mbok Inah (kanan) tampak senang mendapatkan bantuan bedah ruah dari Kapolres Lamongan

Dijelaskannya, tugas Polri salah satunya adalah memanusiakan manusia, mengangkat harkat dan martabat.

Polisi menyelenggarakan tugasnya melalui pemolisian yang selama ini dikembangkan oleh Polri adalah pemolisian yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Sebagai problem solving (penyelesaian masalah) membangun mitra serta berupaya meningkatkan hidup berkualitas masyarakat,” tegasnya.

Selain anggota Satlantas Polres Lamongan, masyarakat sekitar lingkungan dan tokoh masyarakat, Pemerintah Desa turut andil dalam giat sosial bedah rumah tersebut.

Selain itu, Yayasan Masjid Namira, PT. Safa Mulya Sentosa, PT. Superior Prima (Blesscon), dan PT. Cahaya Indah yang bersedia membantu partisipasi melalui CSR. Sehingga memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam kegiatan ini.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak Ketua Bhayangkari Cabang Lamongan yang telah memberikan bantuan sosial kepada Ibu Inah,” tukasnya.

“Semoga amal saudara semua dicatat oleh Allah S.W.T. dengan harapan bisa menginspirasi masyarakat untuk terus menumbuhkan berbagai rasa empati kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harapnya.

Pada kesempatan ini, AKBP Yakhon berpesan pada semua undangan, jika ada rezeki lebih pada kegiatan sehari-hari agar tidak lupa bersodaqoh.

“Kita salurkan pada masyarakat sekitar kita agar terbantu bebannya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengapresiasi kepada seluruh panitia yang mempersiapkan penyelenggaraan acara ini dengan baik dan seksama.

“Saya ucapkan Selamat Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke- 67 tahun 2022 semoga kedepan Polisi Lalu Lintas semakin Presisi (prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan) sebagaimana diharapkan oleh kita semua,” bebernya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Sholeh, atas nama perwakilan mbok Inah dan Pemerintah Desa Kadungrembug mengucapkan terima kasih setinggi tingginya atas bantuan bedah rumah yang diberikan oleh Polres Lamongan.

“Lewat waktulah mudah-mudahan jerih payah bapak Kapolres selalu mendapatkan ridha dari Allah S.W.T., Aamiin,” ujar Sholeh.

Lewat bantuan bedah rumah ini, Sholeh berharap, agar Kapolres senantiasa diberikan karier yang cemerlang agar bisa lebih banyak mengabdi kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan.

“Kami memohon maaf, atas nama keluarga hanya do’a yang bisa kami berikan, yang mana Kapolres Lamongan sudah sudi memberikan bantuan bedah rumah sehingga keadaan rumah mbok Inah bisa layak untuk dihuni,” katanya.

“Jerih payah ini, semoga bantuan Kapolres Lamongan ini bisa bermanfaat untuk warga desa Kadungrembuk khususnya,” pungkasnya. (**/Den)