DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Jadi Pembina Upacara, Tim Jaksa Masuk Sekolah Beri Penyuluhan Hukum tentang Bahaya Narkoba

Nganjuk, megapos.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk mengirimkan Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) sebagai pembina upacara memberikan amanat penerangan dan penyuluhan Hukum, Senin (28/11/2022).

Tim terdiri dari Dicky Andi Firmansyah S.H. (Kasi Intelijen), Jhonson Evendi Tambunan, S.H. (Kasi PB3R) dan Boma Wira Gumilar, S.H., M.H. (Kasi Datun).

Tiga Jaksa dari Jaksa Masuk Sekolah tersebut, masing-masing menjadi pembina upacara di SMPN 1 Patianrowo, SMPN 1 Lengkong dan SMPN 1 Gondang.

Kegiatan JMS yang dikemas dengan program “JAMASAN SAE (Jaksa Mucal Lare Sekolah lan Masyarakat Millenial) ini diikuti oleh siswa siswi beserta staf dan guru dengan total 2.408 Orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 07.00 Wib sampai dengan 08.00 WIB.

Amanat penyuluhan hukum disampaikan oleh pembina upacara yang membahas mengenai tindak pidana yang sering terjadi dilakukan oleh pelajar khususnya kenakalan remaja hingga penyalahgunaan narkoba.

Kasi Intelijen Kejari Nganjuk, Dicky Andi Firmansyah SH berharap kepada para siswa siswi agar dapat termotivasi untuk berpartisipasi dalam penegakan hukum dan lebih berani menyampaikan pendapat yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga, adik-adik generasi emas penerus bangsa dapat mendukung tegaknya hukum yang adil di tengah-tengah masyarakat karena pelajar yang secara usia dan psikologis umumnya memiliki tingkat emosional yang labil dan pola berpikir yang belum matang sangat rentan untuk terpengaruh dan tertarik dengan hal-hal yang baru,” ungkap Dicky.

Dijelaskannya, kegiatan JMS ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hukum bagi siswa siswi SMP Negeri se-Kabupaten Nganjuk.

“Dengan adanya kegiatan ini, para Jaksa di Kejari Nganjuk hadir sebagai pembina upacara dengan memberikan pemahaman hukum dalam amanat pada upacara tersebut, sehingga siswa/siswi dapat mengenali hukum dan menjauhi hukuman,” bebernya.

Selain itu, kata Dicky, melalui kegiatan tersebut siswa siswi diharapkan mendapat pembelajaran untuk memperluas wawasan dalam menambah pengetahuan, mengenalkan, dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik bagi para pelajar sebagai penerus generasi bangsa Indonesia.

Diketahui, sebelumnya Kejari Nganjuk telah dilaksanakan program JAMASAN SAE di sekolah-sekolah yaitu SMPN 1 Nganjuk, SMPN 3 Nganjuk, SMPN 5 Nganjuk, SMPN 1 Loceret, SMPN 1 Berbek, SMPN 1 Ngetos, SMPN 1 Pace dan SMPN 1 Tanjunganom.

Lalu, di SMPN 1 Rejoso, SMPN 1 Bagor dan SMPN 1 Baron, SMPN 1 Sawahan, SMPN 1 Prambon, SMPN 1 Wilangan, SMPN 1 Ngronggot, SMPN 1 Kertosono dan SMPN 3 Kertosono.

JMS yang dikemas dengan JAMASAN SAE “Jaksa Mucal Lare Sekolah lan Masyarakat Millenial” sebagai pembina upacara tersebut diagendakan setiap pelaksanaan upacara hari Senin di 54 SMP Negeri se-Kabupaten Nganjuk pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2022.

Editor : Jumiati