DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Motivasi Pelajar SMK Negeri 1 Nganjuk, Plt Bupati dan Plt Kacabdin Nganjuk Jadi Narasumber Charakter Building

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nganjuk menggelar acara Character Building Siswa-siswi SMK Negeri 1 Nganjuk dengan mengambil tema “Penguatan Karakter dan Etos Kerja serta Kemandirian Siswa”, Kamis (29/12/2022) di Aula SMK Negeri 1 Nganjuk.

Hadir dalam acara tersebut, dua tokoh masyarakat sekaligus pucuk pimpinan di Kabupaten Nganjuk yaitu Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dan Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Adi Prayitno menjadi narasumber untuk memberikan motivasi kepada siswa siswi SMK Negeri 1 Nganjuk.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mendorong seluruh pelajar SMK Negeri 1 Nganjuk untuk semangat belajar.

“Syarat menjadi orang sukses yaitu harus berani mencoba, berani gagal dan berani sukses,” kata Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk dan narasumber foto bersama peserta Charakter Building

Menurutnya, charakter building merupakan suatu upaya untuk membangun dan membentuk akhlak dan budi pekerti seseorang menjadi baik.

“Dalam membangun karakter individu diperlukan perilaku yang baik dalam rangka melaksanakan kegiatan berorganisasi, salah satunya di lingkungan sekolah,” terang Kang Marhaen.

Di kesempatan yang sama, Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Adi Prayitno menambahkan, pembentukan karakter menjadi penting khususnya bagi generasi muda sebagai bekal masa depan.

Dijelaskan Adi, setiap siswa siswa SMK Negeri 1 Nganjuk harus mempunyai tujuan hidup.

Menurutnya, kepandaian di bidang pendidikan saja belum cukup tanpa bekal adab, moral dan karakter yang kuat.

“Adab lebih penting dari ilmu, ketika kita mempunyai ilmu harus dibarengi dengan perilaku yang baik,” ujarnya.

Adi berpesan, seluruh siswa siswi SMK Negeri harus memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang jelas demi masa depan.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Heru Hertanto mengatakan, kegiatan Charakter Building ini diikuti 150 anak didiknya yang merupakan siswa siswi unggulan yang terpilih.

“Agar anak memiliki karakter yang positif, kita harus membangun mental dan hatinya. Di bidang ilmu, bisa kita dapatkan dari guru, sedangkan urusan hati yang membangun adalah orang tua, guru dan tokoh masyarakat,” terang Heru.

“Untuk itu, saya berharap, dalam kegiatan ini, bapak Plt Bupati Nganjuk dan Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk memberikan motivasi kepada anak,” harapnya.

Heru juga berharap, ilmu yang didapat 150 anak didiknya tersebut, bisa disampaikan kepada teman sekolah maupun keluarganya.

“Saya yakin dan optisimis, 150 anak-anak pilihan ini, ke depan, bisa menjadi tokoh di masa depan. Dan ketika menjadi tokoh, saya berharap ilmu yang selama ini didapat di sekolah akan kembali di SMK Negeri 1 Nganjuk,” tukasnya. (Adv/nr/Jt)