DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

KPRI Sejahtera Pemkab Nganjuk Gelar RAT Tutup Buku Tahun 2022

Nganjuk, megapos.co.id – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sejahtera Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2022.

RAT yang digelar pada Rabu (8/2/2023) di Hotel Nirwana, Nganjuk ini, membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2022.

Selain membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, RAT kali ini, juga untuk pemilihan pengurus dan seorang pengawas yang masa baktinya telah habis.

Hadir dalam acara tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, Bimo, Ketua PKPRI Kabupaten Nganjuk, Suwarno dan seluruh Pengurus KPRI Sejahtera Pemkab Nganjuk.

Selain itu, RAT ini, juga diikuti oleh ratusan orang perwakilan masing-masing unit kerja OPD.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, bahwa koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia.

“Koperasi adalah jalan tengah membangun ekonomi di suatu daerah dan solusi keluar dari ekonomi yang menganut kapitalis dan liberalis,” tegas Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk.

Kang Marhaen berharap koperasi yang ada di Kabupaten Nganjuk mempunyai misi yang kuat untuk membangun kesejahteraan bersama khususnya anggota koperasi.

Masih menurut Kang Marhaen, dalam pemilihan pengurus, ia berpesan, kepada anggota untuk memilih pengurus yang betul-betul mementingkan organisasi.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPRI Sejahtera Pemkab Nganjuk periode 2020 – 2023, Ir Muslim Harsoyo mengungkapkan, kegiatan RAT ini bertujuan sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus KPRI Sejahtera Pemkab Nganjuk atas pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja yaitu laporan keuangan/neraca tahun buku 2022 yang merupakan aset anggota KPRI Sejahtera

“Alhamdulilah kepengurusan kami bisa mempertanggungjawabkan rencana kerja dan anggaran tahun buku 2022,” terang Muslim yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.

Ia menjelaskan, bahwa secara umum, saat ini, usaha yang dijalankan KPRI Sejahtera ada peningkatan, bahkan koperasi dalam kondisi sehat.

“Terlebih, saat ini, aset KPRI Sejahtera telah mencapai Rp 14 miliar lebih. Tentunya, dengan aset yang cukup besar ini, harapan kami, anggota bisa memilih pengurus yang lebih baik, amanah dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota,” tegasnya.

Masih menurut Muslim, dalam RAT ini, juga memberikan kewenangan penuh kepada anggota untuk menyampaikan aspirasinya berupa kritik dan saran demi kemajuan KPRI Sejahtera.

“Serta pemilihan pengurus dan pengawas untuk masa bakti 2023-2025 sehubungan telah berakhirnya pengurus masa bakti 2020-2022,” ujarnya.

Reporter : Jumiati