DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Diklat Jurnalistik PWI Nganjuk, Tingkatkan Literasi Pelajar SMPN 1 Tanjunganom

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk kembali menggelar Diklat Jurnalistik untuk pelajar.

Kali ini, kegiatan yang bertajuk Roadshow Goes to School Diklat Jurnalistik ini, digelar di SMP Negeri 1 Tanjunganom, Selasa (14/3/2023).

Kepala SMP Negeri 1 Tanjunganom, Endang Sri Wahyuningsih SPd MMPd mengapresiasi dan berterimakasih kepada PWI Kabupaten Nganjuk yang telah memberikan kesempatan kepada anak didiknya mengikuti kegiatan diklat jurnalistik ini.

Suasana wawancara cegat

Menurutnya, dengan kegiatan diklat ini, nantinya bisa meningkatkan literasi siswa siswi SMP Negeri 1 Tanjunganom.

“Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, akan sangat membantu siswa dalam mengasah kreatifitas dan bakat, khususnya dalam bidang tulis menulis,” terangnya.

Dijelaskannya, jurnalistik merupakan kegiatan yang identik dengan mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi, dimana kegiatan itu sendiri sudah meliputi keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh siswa di sekolah.

“Nantinya, ilmu jurnalistik yang didapat dari PWI Kabupaten Nganjuk hari ini, diharapkan bisa diterapkan melalui kegiatan sekolah, seperti mading, pembuatan media sekolah, dan sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, kegiatan diklat jurnalistik ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI..

“Diklat di SMP Negeri 1 Tanjunganom kali ini merupakan titik keempat atau terakhir. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga kita laksanakan di SMP Negeri 2 Pace, SMP Negeri 1 Berbek dan SMP Negeri 1 Patianrowo ” ungkap Andik.

Diakui Andik, kegiatan diklat jurnalistik ini merupakan agenda PWI Nganjuk yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Semoga materi-materi jurnalistik yang disampaikan PWI Nganjuk ini bisa bermanfaat bagi siswa siswi di SMP Negeri 1 Tanjunganom,” tandasnya.

Diketahui, sebagai pemateri dalam diklat tersebut diantaranya Agus Triwarsono memberikan materi tentang video jurnalis dan Panji Lanang Satriadin menyampaikan materi teknik penulisan berita.

Selain dibekali materi tentang jurnalistik, peserta diklat juga mengikuti praktik wawacara konferensi pers dan wawancara cegat.


Reporter : Jumiati