DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMPN 1 Patianrowo Berhasil Raih Kejuaraan Gulat Tingkat Internasional

Nganjuk, megapos.co.id – Setelah berhasil menghantarkan anak didiknya meraih kejuaraan gulat pada tingkat Internasional tahun 2010, SMPN 1 Patianrowo memiliki tekad untuk menjadikan gulat sebagai olahraga andalan di lembaga pendidikan ‘Bumi Kelahiran Harmoko’ ini.

Hal ini disampaikan oleh Eny Setyasih Kaur Kesiswaan SMPN 1 Patianrowo, Sabtu (11/03/2023) saat konferensi pers bersama Nur Cahyani selaku pendamping di laboratorium IPA SMPN 1 Patianrowo.

Kepada wartawan, Eny mengatakan, pada tahun 2020 silam SMPN 1 Patianrowo mendapatkan gelar juara 1 gulat tingkat Internasional yang berhasil diraih oleh salah satu siswa SMPN 1 Patianrowo dari ekstra kurikuler gulat bernama Syahril Anam, yang sekarang melanjutkan ke SMAN Patianrowo.

“Olahraga gulat termasuk salah satu ekstra kurikuler yang ada di SMPN 1 Patianrowo. Beberapa pelatih yang mendampingi ekstra kurikuler diambil dari guru honorarium, dan ekstra kurikuler gulat ini dilakukan di luar jam pelajaran,” papar Eny.

Hebatnya lagi, lanjut Eny, bukan hanya juara dalam gulat, tetapi SMPN 1 Patianrowo juga juara dalam lomba puisi tingkat provinsi dan futsal tingkat kabupaten.

Eny menambahkan, ada juga beberapa bidang akademik yang sudah mendapatkan juara, namun juara yang didapatkan dari bidang akademik belum sebanyak juara yang didapatkan dalam bidang non-akademik. Akan tetapi siswa-siswi akan berusaha merebut piala lomba akademik nantinya.

“Sebelum adanya lomba akademik, kami akan terus membimbing siwa – siswi yang memiliki minat dalam bidang akademik untuk mendapatkan suatu kejuaraan nantinya,” katanya.

Dijelaskan, banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh para peserta yang akan mengikuti lomba atau kejuaraan, salah satunya latihan. Saat mendekati pertandingan biasa latihan akan dipercepat.

Biasanya persiapan lomba atau latihan keras ini akan dipersiapkan kurang lebih satu bulan sebelum menjelang acara pertandingan.

“Nah untuk keperluan lain yang dipersiapkan itu biasanya ada satu set seragam gulat, sepatu, dan juga tas. Para peserta yang akan mengikuti kejuaraan juga harus memiliki mental yang kuat,” ungkap Eny.

Suasana praktik wawancara

Di tempat terpisah, Marzuqoh, S.Pd Kepala SMPN 1 Patianrowo saat ditanya wartawan terkait dana yang didapat untuk membiayai ekstra kurikuler gulat, dia mengatakan jika ekstra kurikuler gulat mendapatkan dana dari bantuan operasional sekolah atau BOS.

Keika ditanya hadiah apa saja yang akan diterima oleh peraih juara sebagai apresiasi, Marzuqoh mengatakan jika peraih juara akan mendapatkan apresiasi dari sekolah, contohnya tas, buku, dan juga beberapa alat keperluan sekolah lainnya.

“Namun para peraih tidak hanya mendapatkan apresiasi dari sekolah, mereka juga akan mendapatkan apresiasi dari pembina penyelenggara lomba, seperti piala maupun medali,” ucapnya saat ditemui wartawan di ruangannya.

Marzuqoh dan guru pembimbing berharap agar seterusnya SMPN 1 Patianrowo bisa mendapat gelar juara dalam lomba gulat yang akan diadakan kelak. Tak hanya itu, untuk kejuaraan lain juga diharapkan bisa membuat bangga ‘Bumi Bayu Anjuk Ladang’ umumnya, dan ‘Bumi Kelahiran Harmoko’ khususnya.

Reporter : Kelompok 3
Editor : M. Hartono

Kelompok 3

1. Kayla Alisha Humaira
2. Jeihan Rachelya Nur Aisya
3. Efrita Rachel Wulandari
4. Addina Hafizah M
5. Imam Sutrisno
6. Richy Eza Saputra
7. Afzha Choirul Ilma
8. M. Ardiansyah
9. Rehan Ega Pradana