DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMK Kusuma Negara Kertosono Gelar UKK untuk 4 Prodi

Neganjuk, megapos.co.id – SMK Kusuma Negara, Kertosono, Kabupaten Nganjuk melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dengan 4 prodi yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Pemasaran (PM), Multimedia (MM), dan yang perdana yaitu prodi Perhotelan (PH).

Kegiatan UKK tahun ajaran 2022/ 2023 ini, dilaksanakan pada bulan Maret 2023.

UKK Multimedia merupakan salah satu rangkaian kegiatan akademik yang dilaksanakan di SMK Kusuma Negara pada tahun pelajaran 2022/2023.

Kegiatan UKK ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur kompetensi siswa dalam bidang Multimedia, yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Sedangkan UKK prodi TBSM, untuk meningkatkan kemampuan anak didik di dalam permesinan otomotif khususnya jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Maka pada tanggal 1 – 10 Maret 2023, SMK Kusuma Negara selaku SMK binaan Yamaha telah menyelenggarakan UKK yang diikuti sebanyak 215 siswa.

Adapun penguji dilakukan oleh penguji baik internal dan eksternal. Penguji internal oleh guru pembimbing bersertifikat Bronze sampai Gold dan penguji eksternal oleh Panca Setyadarma dari PT YIM (Yamaha Indonesia Motor Factory) Madiun.

Sementara itu, untuk UKK prodi Multimedia, pada UKK tahun ini, prodi Multimedia akan diuji oleh penguji eksternal yang sudah bekerja sama dengan SMK Kusuma Negara yang dihadirkan yaitu dari BAYU TV Nganjuk.

UKK Multimedia juga dilaksanakan di SMK Kusuma Negara pada tanggal 1 – 10 Maret 2023.

Siswa diuji dalam beberapa mata pelajaran seperti Desain Grafis, Animasi, Video Editing, Fotografi, dan sebagainya.

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi UKK Multimedia, sekolah telah melakukan beberapa kegiatan persiapan seperti simulasi UKK (PraUKK), pemberian materi pembelajaran tambahan, dan latihan soal UKK.

Selain itu, sekolah juga melibatkan guru-guru multimedia yang berpengalaman untuk memberikan pengarahan dan tips dalam menghadapi UKK.

Saat pelaksanaan UKK Multimedia, siswa sangat serius dan fokus dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Mereka bekerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan soal, serta menggunakan waktu dengan efektif dan efisien.
Setelah UKK Multimedia selesai dilaksanakan, Penguji Eksternal akan melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh siswa. Evaluasi ini akan digunakan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan siswa, serta memberikan masukan kepada siswa dalam mengembangkan diri mereka di bidang Multimedia.

Sedangkan, untuk UKK Prodi Perhotelan pertama kali mengundang Asessor dari Yusro Hotel Jombang yaitu Luluk Sulistyorini SH.

UKK prodi perhotelan ini, dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2023 dan dibuka langsung oleh
Kepala SMK Kusuma Negara Kertosono, Prof. Dr. Sumarji. SP, MP.

Berbagai persiapan telah dilakukan dengan matang sehingga pada saat hari UKK berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan UKK pada tanggal 06 – 11 Maret 2023). Diikuti oleh 55 siswa kelas XII Jurusan Perhotelan SMK Kusuma Negara Kertosono.

Jurusan Perhotelan penyelenggaraan UKK kali pertama dilaksanakan melalui kerja sama dengan Yusro Hotel Jombang.

Kepala SMK Kusuma Negara Kertosono, Prof. Dr. Sumarji. SP, MP menyampaikan apresiasi kepada Yusro Hotel Jombang yang mewakili, Luluk Sulistyorini, SH selaku (HR & GA Manager Yusro Hotel Restaurant & Convention Jombang) telah bersedia bekerja sama dan suksesnya kegiatan pelaksanaan UKK Jurusan Perhotelan SMK Kusuma Negara Kertosono.

Sumarji juga berharap para siswa siswi terus semangat dan berprestasi. “Semoga siswa siswi dapat memetik hasil yang terbaik dalam UKK dan bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan,” harapnya.

Kaprodi Perhotelan SMK Kusuma Negara Kertosono, Umi Indarti menambahkan, bahwa tujuan pelaksanaan UKK adalah untuk mengukur kemampuan siswa yang akan menyelesaikan pendidikan dan mengoptimalkan sertifikat kompetensi yang berorientasi pada keperluan dunia industri.

“UKK dilaksanakan 2 sesi dengan penerapan SOP. Untuk paket UKK Perhotelan yaitu paket 3, dengan soal UKK Menyediakan layanan bell boy/porter (KKNI Level II pada kompetensi keahlian Perhotelan) dan Penyediaan layanan Makanan dan minuman (KKNI Level II pada kompetensi keahlian Tata Boga) atau Food and Beverage Service,” terang Umi.

Untuk Paket 3, katanya, ada dua departemen, yaitu Bell Boy dan Food and Beverage Service. Keduanya diujikan saat UKK. Untuk yang Bell Boy sekenario, reservasi ada cek in dan sek out.

“Kemudian untuk Food and Beverage Service dengan model pelayanan American Service, dengan runtutan kerja dari menyiapkan dan menata meja, menata peralatan makan dan minum, membuat lipatan napkin, meletakan nomor meja daftar menu, menyambut tamu, mengembil dan memproses pesanan hingga membersihkan dan merapikan meja dan peralatan makan dan minum,” urainya.

Labih lanjut Umi menjelaskan, proses UKK sama seperti riil di Hotel. Mulai dari menghandle tamu hingga menyiapkan karyawan.

“Harapannya setelah UKK, semuanya lulus dengan status kompeten dan layak jual. Karena ini menjadi bekal siswa memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Menurutnya, sertifikat kompetensi dibutuhkan. Sertifikat mereka yang ditandatangani oleh Asessor itu langkah awal siswa untuk memutuskankerja di mana.

“Walaupun ada yang memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah ataupun berwirausaha, skill tersebut tidak akan sia-sia,” ucapnya

Sementara itu, untuk UKK prodi Pemasaran dilaksanakan pada tanggal 6 – 11 Maret 2023. Seluruh siswa prodi Pemasaran kelas XII mengikuti UKK sebagai salah satu syarat kelulusan.

UKK ini diawali dengan pembuatan proposal usaha, membuat surat bisnis tentang permintaan dan penawaran serta dilanjutkan dengan ujian praktik dengan membuaka toko online dengan cara mempromosikan produknya membuat toko secara offline.

Semua peserta melakukan praktik mulai dari memasang rak, menghias toko sampai dengan menata produk. Penilaian UKK hari terakhir dinilai secara langsung oleh assesor/penguji ekxternal dari pihak DU/DI PT Matahari Department Store Kediri oleh Bapak Dito Hendara, SH. selaku Kepala HRD Matahari Department Store. (**)