DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMKN 1 Kertosono Gelar Wisuda Purna Siswa, Diikuti 448 Peserta Didik Kelas XII dan XIII

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kertosono, Kabupaten Nganjuk menggelar Wisuda Purna Siswa Kelas XII dan XIII, Kamis (4/5/2023) di halaman SMKN 1 Kertosono.

Wisuda Purna Siswa tahun 2023 yang diikuti 448 peserta didik kelas XII dan XIII ini, mengambil tema “Mewujudkan Generasi Milenial yang Berkarakter dan Berbudaya Nusantara”.

Hadir dalam acara tersebut, Pengawas SMK, Dani Hendarto, Kepala SMKN 1 Kertosono, Drs Gaguk Wiyono Heru, Forkopimcam Kertosono, pengurus komite sekolah, wali murid dan siswa siswi kelas XII dan XIII.

Dalam acara tersebut, juga ditampilkan berbagai potensi dan kreativitas siswa siswi SMKN 1 Kertosono, seperti pencak silat, seni tari, drama dari ekstra english club dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Kertosono, Drs Gaguk Wiyono Heru menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan Wisuda dan Purna Siswa Kelas XII SMKN 1 Kertosono.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada pengurus OSIS dan bapak ibu guru pendamping yang sudah menginisiasi kegiatan ini, sehingga bisa terlaksana dengan sukses dan lancar,” terang Gaguk sapaan akrab Drs Gaguk Wiyono Heru.

Prosesi sungkeman peserta didik kelas XII dan XIII

Gaguk menjelaskan, selama 3 tahun ini, sekolah dihadapkan pada kondisi pandemi Covid – 19, sehingga pada tahun 2019, 2020 dan 2021, SMKN 1 Kertosono tidak bisa menyelenggarakan acara wisuda dannpurna siswa seperti sekarang ini

“Alhamdulilah, setelah pemerintah pusat mencabut PPKM, sekolah diperbolehkan menyelenggarakan acara wisuda dan purna siswa, karena kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh peserta didik khususnya kelas XII dan XIII,” imbuhnya.

Dijelaskannya, sebanyak 448 peserta didik kelas XII dan XIII berhasil mengikuti dan menyelesaikan rangkaian pembelajaran dan ujian di sekolah.

“Pengumuman kelulusan pada hari Jumat, 5 Mei 2023 mendatang, semoga anak-anakku bisa lulus 100 persen,” harapnya.

Kepala SMKN 1 Kertosono, Drs Gaguk Wiyono Heru saat memberikan sambutan

Dalam kesempatan itu, Gaguk juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang selama 3 tahun mendampingi peserta didik kelas XII di saat kondisi pandemi Covid – 19 pembelajaran masih daring.

“Alhamdulilah, ilmu dan pengetahuan sudah didapatkan 3 tahun, meski tidak maksimal karena keterbatasn waktu. Kesempatan belajar tidak hanya bisa didapat di sekolah tapi juga di luar sekoah untuk meningkatkan kompetensi,” tandasnya.

Masih menurut Gaguk, pada saat pengumuman kelulusan nanti, peserta didik tidak perlu ke sekolah, cukup di rumah saja.

“Karena teknis pengumuman kelulusan nanti, kita umumkan melalui web sekolah dan whatsApp grub wali kelas masing-masing mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB,” jelasnya.

Setelah lulus, ia berharap, kepada peserta didik kelas XII dan XIII untuk terus berjuang meraih cita-cita.

“Kesempatan terbuka bagi kalian semua untuk meraih kesuksesan. Kalian harus berani bersaing dengan sekolah-sekolah lain,” harapnya

Gaguk juga berharap, lulusan SMK tidak mencetak pengangguran yang baru.

“Karena, anak-anakku semua memiliki skill. Tunjukkan bahwa kalian bisa dan mampu masuk di dunia kerja,” tegasnya.

Sementara itu, Pengawas SMK, Dani Hendarto mewakili Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk menambahkan, peserta didik kelas XII dan XIII SMKN 1 Kertosono diharapkan tidak hanya lulus 100 persen, akan tetapi lulus dengan predikat baik.

“Tidak hanya asal lulus, kami berharap kalian semua lulus dengan predikat yang baik,” harapnya.

Dani juga berpesan, kepada orang tua atau wali murid kelas XII dan XIII agar memberikan dukungan dan mengikhlaskan putra putrinya untuk mengembangkan potensi dan kompetensinya saat terjun di dunia kerja.

“Semoga, seluruh peserta didik bisa sukses di masa depan sesuai dengan yang diinginkan dan dicita-citakan,” tandasnya. (Jt/Nr)