DaerahHead Line NewsNgawiPolitik & Pemerintahan

Kades Brangol Fokuskan Pembangunan Drainase di Tahun 2023

Ngawi, megapos.co.id – Pemerintah pusat saat ini berkomitmen untuk mempercepat pembangunan nasional secara merata.

Dan program pembangunan tersebut, saat ini difokuskan langsung pemerataan ke semua yang ada di nusantara ini.

Pemerintah pusat melalui kementerian pedesaan mengucurkan dana yang bersumber dari APBN untuk pelaksanaan pembangunan program Dana silpa DD.

Program pembangunan ini, difokuskan untuk pembangunan infrastruktur atau fisik yang bisa menyerap tenaga kerja, sehingga pengucuran program Dana SILPA DD ini bisa mengurangi angka pengangguran masyarakat desa.

Proses pembangunan drainase di Desa Bragol

Program silpa DD ini seperti yang telah dilaksanakan di Desa Brangol Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi terbukti telah banyak membantu mengurangi angka pengangguran karena program ini telah menyerap banyak tenaga kerja.

Masyarakat Desa Brangol merasa senang dan berterimakasih dengan adanya program pembangunan melalui Dana SILPA DD.

”Dengan adanya proyek silpa DD ini telah sangat membantu masyarakat dalam mengurangi angka pengangguran dan bisa menggerakan perekonomian desa ini,” terang Kades Brangol, Harun Al-rasyid.

Menurutnya, di wilayahnya telah dibangun drainase atau saluran air untuk mengurangi banjir pada waktu musim hujan tiba.

“Bila musim hujan datang, wilayah di dusun punthuk 05/01 sanitasi air belum memadai dan sering terjadi kebanjiran dan air bisa masuk rumah,” katanya.

Menurutnya, hal ini terjadi karena posisi permukaan jalan lebih tinggi dari permukaan rumah warga.

“Dengan telah dibangunnya drainase ini, harapannya sudah tidak terjadi banjir masuk ke pemukiman warga,” harapnya.

Terkait penggunaan Dana silpa DD Desa Brangol, ia mengatakan bahwa pihaknya melalui Tim TPK Desa akan mengutamakan pembangunan desanya melalui pembangunan drainase dulu.

“Dengan pembangunan drainase tersebut, diharapkan bisa memperbaiki kondisi jalan desa yang sudah di pavingisasi menjadi kuat dan tahan lama,” bebernya.

Menurut Kades Harun, pembangunan drainase ini sangat penting sebelum melakukan pembangunan badan jalan desanya.

“Untuk itu, program Dana Desa tahun ini difokuskan terlebih dahulu untuk pembangunan drainase pavingisasi dan lain-lain di beberapa titik lokasi dan saat ini pembangunan sudah dilaksanakan di dusun punthuk 05/01 dengan volume 54,7 dengan dana 56.541.500 di ambil dari dana SILPA DD 2023,” bebernya.

”Program Dana SILPA tahun ini difokuskan ke pembangunan drainase dulu supaya nanti kondisi jalan desa yang sudah dibangun pavingisasi lebih baik dan gak gampang rusak,” tegasnya.

Kades Harun mengucapkan, terimakasih atas turunnya dana SILPA DD ini semoga pembangunan desanya dapat lebih baik dan lebih maju lagi.

Kades harun menyadari bahwa masih banyak wilayah desanya yang perlu perhatian dan masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat memajukan pembangunan desanya.

“Saya berharap supaya pemerintah ke depannya lebih memperhatikan kondisi desanya yang masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk pemerataan pembangunanny,” tutupnya. (Adv/ Dar)