DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMPN 1 Berbek Gelar Pelepasan, Diikuti 278 Peserta Didik Kelas IX

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Berbek, Kabupaten Nganjuk menggelar Pelepasan Siswa Siswi Kelas IX tahun ajaran 2022/2023, Selasa (30/5/2023) di Aula SMPN 1 Berbek.

Dalam acara pelepasan ini, diikuti 278 peserta didik kelas IX, terdiri dari 154 siswa putra dan 124 siswi putri.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMPN 1 Berbek, Iik Yariani SPd MMPd, Forkopimcam Berbek, komite sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, wali murid dan peserta didik kelas IX.

Dalam mengisi acara pelepasan siswa-siswi kelas IX atau kelas tiga, SMPN 1 Berbek menyuguhkan berbagai pertunjukan seni yang diperankan siswa-siswinya.

Diantaranya, paduan suara, seni tari, rebana, menyanyi, karawitan dan sebagainya.

Kepala SMPN 1 Berbek, Iik Yariani mengatakan,
meski pengumuman kelulusan pada 8 Juni 2023 mendatang, pelepasan siswa kelas IX atau seremonial penyerahan siswa kepada orang tua sudah dilakukan.

“Hal ini karena setelah pengumuman kelulusan, siswa dan orang tua sudah disibukkan untuk mencari sekolah lanjutan,” terang Iik panggilan akrab Iik Yariani.

Dikatakannya, siswa siswi kelas IX sudah 3 tahun menimba ilmu di SMPN 1 Berbek.

“Kini tiba saatnya, putra putri kami serahkan kembali kepada orang tua atau wali murid,” katanya.

Prosesi sungkeman

Dalan kesempatan itu, Iik mengucapkan, permohonan maaf kepada orang tua wali murid apabila selama 3 tahun membimbing dan mendidik siswa siswi kelas IX ada kekurangan dan kesalahan.

“Saya juga berterima kasih kepada orang tua wali murid karena mempercayakan putra putri panjenengan untuk menimba ilmu di sekolah ini,” tandasnya.

Ia berpesan, usai kelulusan, peserta didik kelas IX melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di SMA maupun SMK dan sederajat.

“Anak-anakku harus tetap semangat untuk melanjutkan pendidikan, syukur-syukur sampai menempuh pendidikan S1 bahkan S2,” harapnya.

Prosesi purnawiyata peserta didik kelas IX

Iik juga berharap, agar peserta didik memiliki mimpi dan cita-cita untuk meraih kesuksesan di masa depan.

“Semoga apa yang menjadi cita-cita anak-anakku semua tercapai,” tandasnya.

Masih menurut Iik, tahun 2030 mendatang merupakan tahun emas bagi generasi muda saat ini.

“Kalian adalah penerus bangsa sebagai penerus perjuangan untuk membangun negara ini,” tukasnya.

Usai pengumuman kelulusan pada 8 Juni 2023 mendatang, Iik mewanti-wanti anak didiknya agar menunggu kabar atau informasi kelulusan dari rumah masing-masing.

“Anak-anak tidak perlu ke sekolah, ditunggu saja di rumah, jika bapak ibu guru tidak datang ke rumah kalian pada tanggal 8 Juni 2023 sampail pukul 12 berarti kalian dinyatakan lulus,” urainya.

Ia juga menegaskan, lulusan dilarang merayakan kelulusan dengan euforia yang berlebihan.

“Sekolah melarang anak-anak merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi di jalan,” tegasnya.

Diketahui, selain penyerahan siswa siwi kelas IX kepada orang tua atau wali murid, dalan acara pelepasan ini, sekolah juga mengumumkan lulusan terbaik kelas IX tahun ajaran 2022/2023.

Adapun siswa lulusan terbaik prestasi bidang akademis diraih oleh Azzahra ‘Assalimi dan lulusan terbaik preatasi bidang non akademis diraih oleh Shafa Aulia Ramadhani.

Reporter : Jumiati