DaerahHead Line NewsOlahragaPendidikanTulungagung

12 Siswa Siswi SMP Wakili Tulungagung di Ajang O2SN Tingkat Provinsi

Tulungagung, megapos.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menggelar O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMP tingkat kabupaten.

Lomba diadakan untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang olahraga sekaligus untuk meningkatkan prestasi.

Pada gelaran ajang talenta tersebut, meliputi cabang olahraga Bulutangkis, Renang, Atletik, Pencak Silat dan Karate tingkat Kabupaten Tulungagung yang perwakilannya dikirim ke tingkat provinsi.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Drs. Suprayitno, M.Pd mengatakan, bahwa O2SN 2023 jenjang SMP merupakan ajang menguji bakat peserta didik di Kabupaten Tulungagung dalam bidang olahraga sekaligus memupuk sportivitas antar peserta.

“Sebanyak 12 perwakilan putra dan putri dari 5 cabang olahraga O2SN jenjang SMP akan mewakilil Kabupaten Tulungagung yang selanjutnya akan diikutsertakan dalam O2SN tingkat provinsi,” katanya, Sabtu (17/6/2023).

Ia menambahkan, O2SN 2023 merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang olahraga bagi peserta didik yang dilaksanakan setiap tahun.

’’Kegiatan memberikan wadah, motivasi, dan memberikan apresiasi dalam mengekspresikan diri melalui kegiatan olahraga sesuai dengan minat, bakat dan prestasi bagi peserta didik dalam lomba O2SN di Kabupaten Tulungagung,’’ katanya.

Sementara itu, pemenang lomba pada ajang O2SN jenjang SMP yang berhak mewakili Kabupaten Tulungagung pada O2SN tingkat Provinsi yaitu cabor Bulutangkis putra : Muhammad Zilazik Artando Zakaria dari SMPN 3 Kedungwaru, Bulutangkis putri : Salwa Dwi Yasa Prasetya dari MTsN 1 Tulungagung, cabor Renang putra : Dimas Nurcahyo dari SMPN 3 Tulungagung, cabor Renang putri : Mentari Muslimattus Sholehah dari SMPN 3 Tulungagung, dan cabor Pencak Silat putra : Muhammad Kanzul Hilmi dari SMPN 1 Ngunut.

Lalu, cabor Pencak Silat putri : Damayanti Indah Lestari dari SMPN 2 Tulungagung, cabor Atletik putra : Mohammad Rizal Agung Permana dari MTsN 3 Tulungagung, cabor Atletik putri : Aura Shalsabila Naysila Efendy dari MTsN 3 Tulungagung, cabor Karate Kata putra : Rafiidlo Ihsan Maulana dari SMPN 1 Tulungagung, cabor Karate Kumite putra : Neo Dimas Saputra dari SMPN 2 Tulungagung, cabor Karate Kata dan Kumite putri : Madina Faza dari SMPN 1 Tulungagung.

Lebih lanjut, Suprayitno mengungkapkan bahwa keberhasilan dalam meraih juara O2SN adalah konsistensi dalam berlatih dan kerja keras guru pembimbing di lingkungan sekolahnya, juga diperlukan dukungan dan peran serta sekolah dalam memfasilitasi kegiatan OSN, FLS2N maupun GSI.
”Saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi siswa-siswi jenjang SMP di Kabupaten Tulungagung lainnya dapat mendulang prestasi pada ajang OSN, O2SN, FLS2N maupun GSI mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional nantinya,” pungkasnya. (Adv/Sdr)