DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Koperasi

Tulungagung, megapos.co.id – Upaya pembinaan bagi pelaku usaha riil anggota koperasi di Kabupaten Tulungagung dilakukan secara terus menerus oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung melalui Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Koperasi.

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Koperasi yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 19 sampai dengann 20 Juni 2023 bertempat di BARN Meeting & Convention Tulungagung.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung Dr. Slamet Sunarto, M.Si dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa para pelaku usaha riil anggota koperasi diberikan tips dalam menghadapi persaingan usaha oleh para narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya tentang kualitas produk yang sesuai dengan standar produk, public speaking product promotion, strategi pemasaran online menembus lapak onlineshop, penguatan jaringan kemitraan usaha, strategi peningkatan produktifitas pelaku isaha melalui layanan purna jual, akuntansi sederhana pengelolaan usaha riil serta akses pembiayaan dan permodalan usaha.

“Jadi kegiatan bimtek ini dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya para pelaku usaha riil anggota koperasi sehingga diharapkan para pelaku usaha riil dapat meningkatkan produktifitas usaha untuk menghadapi persaingan usaha karena makin banyaknya kompetitor dari waktu ke waktu,” tuturnya.

Jumlah peserta Bimtek Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Koperasi adalah 34 orang dari para pelaku isaha riil anggota koperasi di Wilayah Kabupaten Tulungagung dari unsur Koperasi Wanita, Koperasi Wanita Syari’ah, Koperasi Pondok Pesantren, Koperasi Produsen. Koperasi Tani, KPRI dan KSP yang memiliki Produk Usaha di antaranya Aneka Kue Basah dan Kering, Cattering, Sambal Pecel, Brambang Goreng, Minuman Kemasan, Olahan Bambu, Olahan Logam, Aneka Keripik dan lain-lain.

Dengan mulai menggeliatnya produktifitas usaha dari para pelaku usaha riil khususnya anggota Koperasi di Wilayah Kabupaten Tulungagung diharapkan selain meningkatkan perekonomian masyarakat secara spesifik produk usahanya tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pesanan dari konsumen tetapi juga dapat memperluas pangsa pasar serta jaringan kemitraan usaha sehingga meningkatkan pendapatan ataupun kesejahteraan dari pelaku usaha itu sendiri.

Sebagai upaya pendampingan pasca Bimtek Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung akan melakukan monitoring dan evaluasi guna mengetahui kendala yang dialami guna memberikan solusi dan menentukan arah kebijakan yang dapat memperkuat Produktifitas Usaha yang pada akhirnya mewujudkan Produk Lokal menjadi Produk Unggulan di Kabupaten Tulungagung.

Perlu di ketahui kegiatan bimtek selama 3 hari tersebut menghadirkan berbagai narasumber di antaranya arasumber Profesional dari Lembaga Pelatihan Kerja Sinergi Berkarya Sejahtera, Armi Dwi Rahayu, SE memberikan materi tentang Penguatan Jaringan Kemitraan Usaha Bagi Pelaku dan materi tentang Bisnis Plan (Teori / Praktek) Yayasan Rumah Kita Sidoarjo / Tenaga Ahli Dinkop UM Provinsi Jatim, Rinata Selfia Prakuntari.

Materi tentang Digital Literacy Pemasaran Produk Pelaku Usaha Riil dan Strategi dan cara mudah menembus Lapak Online shop (Teori/Prak)

Materi tentang Milenial Job Center (MJC) Bakorwil Pememtahan Dan Pembagunan I Madiun (Galih Surya Hardyanto)

Materi, Public Speaking untuk Promosi Produk Usaha dan Kiat dan Cara Pembuatan Audio Visual dan Phothography Produk by Phone (Teori / Praktek)

Adapun narasumber Lokal yaitu Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Dr. Deny Yudiantoro, SAP., SPd., MM memberikan materi tentang Strategi Peningkatan Produktifitas Pelaku Usaha melalui Layanan Purna Bagi Usaha riik anggota Koperasi.

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Friza Pahlevi Wulandari, SE.SY.,ME memberikan materi tentang Akuntansi Sederhana Pengelolaan Usaha Riil.

PT. BPR Jawa Timur / Bank UMKM Jawa Timur, Sumiyati memberikan materi tentang  Akses Pembiayaan dan Permodalan Usaha Bagi Pelaku Usaha Koperasi. (Adv/Sdr)