DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Jumat Bersih, Pemdes Balerejo Bersama Tiga Pilar Kerja Bakti di Lapangan Desa

Tulungagung, megapos.co.id – Wujud kepedulian Pemerintah Desa (Pemdes) bersama tiga pilar dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong kerja bakti yang dikemas dalam “Jumat Bersih” di Desa Balerejo adalah salah satu bentuk dari sinergitas dan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Kepedulian di wujudkan dalam kerja bakti secara bersama-sama yang diikuti oleh seluruh RT/RW, perangkat desa, anggota Polsek Kalangbret, anggota Koramil 0807/13 Kauman dan seluruh staf Kantor Kecamatan Kauman yang diadakan di Lapangan Desa Balerejo, Jumat (16/6/2023).

Kepala Desa (Kades) Balerejo, Samsu Jatmiko mengatakan, kegiatan Jumat Bersih tersebut mewujudkan kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial, juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan.

“Pemerintah desa ingin menggalakkan kegiatan kerja bakti di lingkungan sekitar, dengan mengawali dan memberi contoh dan harapannya masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

Adapun kegiatan gotong royong tersebut meliputi penataan, dan pembersihan ranting pohon yang menjulur ke akses jalan yang membahayakan pandangan para pengendara jalan yang melintas.

Lebih lanjut Samsu Jatmiko mengatakan, bahwa kerja bakti dipusatkan di lapangan desa karena memang menjelang bulan Agustus atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tahun 2023 ini, di lapangan Desa Balerejo selalu diselenggarakan kegiatan Peringatan HUT Republik Indonesia tiap tahunnya.

“Selain itu, kita juga siapkan tempat yang bersih untuk menyongsong HUT di bulan Agustus mendatang, karena memang setiap tahunnya kegiatan HUT RI disini,” ungkapnya.

Lebih dari itu, memang kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa melalui RW atau RT.

“Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini, kerja bakti bertujuan untuk mengantisipasi genangan atau membersihkan saluran drainase dan untuk mengatisipasi wabah penyakit,” pungkasnya. (Adv/Sdr)