DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Tekan Angka Stunting, Bupati Mas Ipin Dampingi Novita Luncurkan Program Dapur Cinta

Trenggalek, megapos.co.id – Bupati Trenggalek Mas Ipin mendampingi Istrinya Novita Hardini selaku ketua TP-PKK Trenggalek meluncurkan program Dapur Cinta (Dapur Cegah dan Atasi Stunting) bertempat di balai Desa Sukowetan. Kecamatan Karangan, Rabu (5/7/2023).

Novita mengatakan bahwa, tujuan peluncuran Dapur Cinta adalah untuk menekan angka stunting dan kemiskinan ektrem di Kabupaten Trenggalek.

“Dapur Cinta ini diwujudkan karena memang kita harus benar-benar hadir untuk masyarakat. Benar-benar menyampaikan hajat hidup orang itu menjadi tanggungan pemerintah,” kata Novita.

Ia berharap dari apa yang disampaikan hari ini, bisa menjadi satu solusi untuk penekanan angka stunting di Kabupaten Trenggalek.

“Selain menurunkan angka stunting, Dapur Cinta ini merupakan upaya untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem di Trenggalek,” katanya.

Menurutnya, dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) setiap hari kepada Baduta ( balita dua tahun), stunting dan ibu hamil upaya penekanan angka stunting akan diwujudkan melalui program ini.

Lebih lanjut, Novita mengatakan nantinya akan ada dapur-dapur Cinta di setiap desa. Untuk menunjang operasional itu sekitar Rp 5,5 miliar anggaran APBD digelontorkan untuk PMT tersebut.

“Dengan upaya itu, Trenggalek menargetkan 2024 angka stunting jadi 6 persen jauh di bawah target rata-rata nasional 14 persen,” tegasnya.

“Kita tahu separuh lebih populasi Trenggalek adalah perempuan dan anak. Dengan penyempurnaan program SMS (Sareng Masak Sama) Bu Novita, kami berharap Trenggalek zero stunting,” tukasnya. (Sdr)