DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Usung Pemikiran Bung Karno, Mas Bupati Ipin Jalani Ujian Sidang Tesis Jenjang Magister di UNAIR Surabaya

Trenggalek, megapos.co.id – Menjalani ujian sidang tesis jenjang Magister di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin usung pemikiran Bung Karno dalam buku “Sarinah”.

Menurut Mas Bupati Ipin, Bung Karno melalui bukunya berjudul Sarinah sarat akan pengarusutamaan gender. Tidak hanya spesifik membahas perkara perempuan, tetapi bagaimana laki-laki dan perempuan berperan bersama-sama.

“Kemudian konsep pemberdayaan perempuan Bung Karno dibagi menjadi tiga tahapan di dalamnya, dan itu semua muaranya adalah kepada yang ketiga, Bung Karno menginginkan adanya tujuan sosial yang revolusioner yang bagi Bung Karno adanya kesejahteraan sosial dan keadilan sosial,” jelasnya.

“Jadi intinya seperti itu dan yang paling menarik adalah peneliti menemukan runtutan bab per bab dari buku “Sarinah” ini selaras dengan konsep Gender Analysis Pathway yang dikembangkan oleh Kementerian PPPA,” sambung Mas Ipin.

Dari penelitiannya itu, Mas Ipin menyimpulkan bahwa Bung Karno telah membuka wawasan gender sejak tahun 1947 yang lalu. Jauh sebelum gender sendiri diperkenalkan ke publik sebagai satu studi yang banyak dibahas.

Apa yang diteliti Mas Bupati Ipin dalam tesisnya tersebut memiliki korelasi dengan kondisi di Kabupaten Trenggalek. Di mana pengarusutamaan gender juga menjadi salah satu fokus kebijakan.

“PR-nya adalah bagaimana ini terus kemudian dievaluasi untuk kemudian ditajamkan terus, kalau sudah ada impact bagaimana impact-nya bisa lebih besar,” ucapnya.

“Kalau kurang impactful bagaimana metodenya dirubah, kira-kira begitu nanti implementasinya di kebijakan,” imbuh Mas Ipin usai Ujian Sidang Tesis di Ruang Tarumanegara Gedung ASEEC Kampus B UNAIR, Senin (3/7/2023). (Kom/sdr)