DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Komisi ll DPRD Trenggalek Rapat Kerja Bahas KUA Tahun 2024, Sektor Pariwisata jadi Bahasan Utama

Trenggalek, megapos.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek dalam hal ini Komisi ll melaksanakan rapat kerja membahas tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Tahun anggaran 2024 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra kerja, di ruang rapat Banmus, DPRD Kabupaten Trenggalek, Rabu (26/7/2023).

Rapat kerja ini dihadiri OPD mitra kerja di antaranya Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Trenggalek.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek, Mugianto, dalam kesempatan rapat kerja ini menyampaikan untuk kegiatan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), untuk kegiatan yang dilakukan seharusnya berbasis untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Mugianto menjelaskan seperti kegiatan yang saat ini dilakukan di Alon – Alon yaitu Ekraf,” seharusnya bisa dilakukan di tingkat Kecamatan sehingga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di tiap wilayah,” ungkapnya.

Menurutnya untuk penarikan retribusi pengunjung lokasi wisata masih kurang maksimal,” misal saja, karena masih ada wisatawan yang enggan membayar retribusi”, ujarnya.

Dalam hal ini, menurutnya, Disparbud Kabupaten Trenggalek seharusnya lebih fokus dalam menggarap sektor Pariwisata.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek, mengeluarkan anggaran untuk pembangunan lokasi wisata cukup besar.

“Jadi Disparbud harus mempunyai menset seperti pengusaha dimana mengeluarkan modal harusnya bisa menghasilkan,” cetusnya.

Kemudian, kata dia, pihaknya berharap, setiap kegiatan seharusnya jangan hanya memikirkan output nya saja namun juga harus difikirkan out come nya.

“Mohon anggaran yang minim ini seharusnya bisa dimanfaatkan yang lebih baik,” tegasnya. (Sdr)