DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pengunjung Padati Acara Kirab Tumpeng Grebeg Suro Sedekah Bumi di Pantai Gemah Desa Keboireng

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung menggelar Grebeg Suro Sedekah Bumi sebagai wujud syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Antusias warga dalam mengikuti rangkaian upacara adat ini cukup luar biasa, hal ini terbukti ribuan warga dan wisatawan turut mengikuti kirab tumpeng agung tersebut.

Tradisi grebek suro ini diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh adat desa setempat, kemudian tumpeng agung dikirab mengelilingi Pantai Gemah dan Pantai Bayem dan diiringi tarian tradisional.

Tampak tumpeng raksasa lengkap dengan hasil bumi seperti sayuran dan buah-buahan yang diarak mengeliling Pantai Gemah dan Pantai Bayem diiringi tarian reog kendang dan pencak silat.

Kemudian, tumpeng raksasa berisi hasil sedekah bumi tersebut dibawa kembali ke titik awal dan diperebutkan oleh warga yang berkumpul.

Tradisi Grebeg Suro Sedekah Bumi dilakukan di Pantai Gemah dan Pantai Bayem pada Sabtu, 30 Juli 2023 bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1444 H.

Supirin menjelaskan, sedekah bumi ini selain sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki masyarakat juga karena kebanyakan masyarakat Desa Keboireng hidup dari bertani dan berdagang. Oleh karena itu, alih-alih labuh laut, warga setempat lebih memilih menggelar tradisi sedekah bumi.

“Harapan kami, setelah melakukan sedekah bumi ini, wisata Pantai Gemah dan Pantai Bayem bisa lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” jelasnya.

Supirin juga mengatakan, kegiatan ini juga akan memberikan dampak daya tarik terhadap para wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Gemah maupun Pantai Bayem.

”Dengan adanya kegiatan ini saya berharap pantai Gemah dan Bayem ini semakin ramai,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan, tradisi sedekah bumi yang diselenggarakan di Pantai Gemah ini juga bisa menjadi potensi meningkatkan atau mendongkrak sektor wisata.

“Kegiatan sedekah bumi ini memang merupakan kegiatan tahunan. Selain sebagai wujud syukur, kegiatan sedekah bumi ini juga bisa menjadi pengembangan wisata di Pantai Gemah,” ujar Maryoto.

Bupati Maryoto mendukung upaya Pemerintah desa Keboireng dalam hal ini Pokdarwis Pantai Gemah dalam upaya memajukan wisata dengan menggelar grebek suro.
“Saya juga bangga dengan kegiatan Grebek Suro sedekah bumi yang digelar oleh masyarakat pesisir patai gemah ini, selain mengedukasi juga akan memberikan daya tarik terhadap para wisatawan” kata Maryoto Birowo. (Adv/Sdr)