DaerahPolitik & PemerintahanTulungagung

Peringati HUT ke-78 RI, Pemdes Tugu Gelar Berbagai Kegiatan

Tulungagung, megapos.co.id – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam rangka meriahkan HUT e-78 RI, salah satunya yang dilakukan Pemerintah Desa Tugu Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

kegiatan digelar mulai tanggal 12 Agustus 2023 dengan pembukaan stand bazar serta pentas seni dan akan berahir tanggal 3 september 2023.

Selain itu, kegiatan yang mewarnai rangkaian HUT ke- 78 RI di Desa Tugu di antaranya juga ada karnaval pawai desa, jalan sehat, senam masal, Kirab jamasan pusaka serta iring-iringan 1000 obor.

Juga di tengah rangkaian kegiatan diadakan di malam tirakatan pada Rabu (16/8) malam harinya.

Kirab jamasan pusaka merupakan acara tahunan yang digelar tiap tahun sebagai upaya melestarikan budaya di Desa Tugu.

Nampak Kepala Desa Tugu, Parlan,S.A.P. beserta sesepuh desa dan tokoh adat desa melaksanakan acara kirab pusaka menuju tempat pusat acara di Lapangan Lodji Desa Tugu, Selasa (15/8) malam dan diiringi oleh iring-iringan 1000 obor.

Kepala Desa Tugu Parlan, S.AP kepada megapos.co.id mengungkapkan, pesta rakyat yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI dimana selama dua tahun terakhir sejak adanya pendemi covid-19, perayaan seperti itu tidak bisa dilakukan.

“Kami laksanakan acara pesta rakyat ini dalam rangka peringati HUT ke-78 RI mengingat 2 tahun terahir sempat terkendala dengan adanya pandemi dan pada malam ini kita laksanakan kegiatan Jamasan Pusaka sebagai upaya melestarikan budaya,” ucapnya.

Lebih lanjut Parlan, S.A.P mengatakan bahwa tujuan kegiatan pesta rakyat itu sendiri selain untuk hiburan masyarakat juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi diantara masyarakat desa.

“Selain daripada untuk hiburan masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi,ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur dan cara kita dalam penghormatan jasa para pejuang dan pahlawan bangsa ini dalam kemerdekaan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Pantauan Megapos.co.id dari berbagai kegiatan itu  antusias masyarakat sangat tinggi dalam menghadiri pagelaran pesta rakyat malam itu, nampak berbagai stand bazar juga berjejer dan banyak pengunjung.

Stand bazar menyuguhkan dan menjual berbagai hasil kerajinan serta kuliner desa setempat.

Melihat baliho yang terpasang di depan balai desa, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI Desa Tugu akan diakhiri pada tanggal 3 september 2023 dengan di gelarnya karnaval ataupun pawai desa. (Adv/dr)