DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, SMPN 3 Nganjuk Ikuti Karnaval

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) Tahun 2023, siswa siswi tingkat SMP, SMA dan SMK sederajat baik negeri maupun swasta di wilayah Kecamatan Nganjuk mengikuti karnaval.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Nganjuk turut mengikuti karnaval yang dilaksanakan pada Sabtu (19/8/2023) dengan mengambil start di Stadion Anjuk Ladang dan finish Alun-alun Nganjuk.

Kepala SMPN 3 Nganjuk, Teguh Sudjatmika

Kepala SMPN 3 Nganjuk, Teguh Sudjatmika mengatakan, peserta karnaval SMPN 3 Nganjuk ini, diikuti 100 peserta didik.

“Tema karnaval tahun ini, SMPN 3 Nganjuk mengambil tema Mpu Sendok yang menggambarkan kultur budaya dan sejarah bangsa Indonesia,” terang Teguh sapaan akrab Teguh Sudjatmika kepada megapos.co.id.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat memberangkatkan karnaval tingkat SMP, SMA dan SMK sederajat



Menurutnya, karnaval ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme, semangat juang serta persatuan dan kesatuan pada anak didik.

“Melalui kegiatan karnaval ini, diharapkan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri anak didik kita yang kelak merupakan para calon pemimpin,” harapnya.

Teguh mengatakan, dengan kegiatan karnaval ini, untuk mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia ini berdiri dan merdeka melalui proses dan perjuangan.

“Karnaval itu bukan hanya ajang bersuka cita untuk merayakan hari kemerdekaan saja, akan tetapi ada makna yang tersirat, yaitu kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman budaya, namun tetap menjadi satu bangsa,” urainya.

Dijelaskannya, berbagai replika yang ditampilkan menggambarkan bahwa meski terdapat perbedaan suku, ras dan golongan tapi Bangsa Indonesia mampu bersatu.

“Pada momentum HUT ke-78 RI ini, kita tanamkan rasa nasionalisme. Pancasila, adalah satu-satunya ideologi negara yang harus ditaati dan harus dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda,” paparnya.

Peserta karnaval SMPN 3 Nganjuk

Masih menurut Teguh, kemerdekaan itu bukan hadiah yang datang begitu saja, akan tetap hasil dari perjuangan rakyat Indonesia yang mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan.

“Bersatunya berbagai suku bangsa ini menjadi semangat rakyat Indonesia untuk berjuang dalam meraih kemerdekan,” imbuhnya.

Teguh menegaskan, sebagai generasi muda memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dengan hal-hal positif.

“Tugas kita sebagai generasi bangsa memperteguh wawasan kebangsaan didasarkan pada pancasila, sehingga negara dan bangsa ini terjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnya.

Diketahui, peserta karnaval tingkat SMP, SMA dan SMK sederajat ini diberangkatkan langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi didampingi Sekda Nganjuk Nur Solekan dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi (Jt/Nr)