DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pemdes Babadan Gelar Kirab Panji Budaya dan Karnaval Peringati HUT ke-78 RI

Tulunggung, megapos.co.id – Kemeriahan dalam memperingati HUT ke-78 RI masih dirasakan oleh lapisan masyarakat khususnya di pedesaan. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat Desa Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung, dimana Pemerintah Desa (Pemdes) Babadan menggelar Kirab Panji Budaya dan Karnaval, Minggu (3/9/2023).

Kepala Desa Babadan, Suyitno saat ditemui mengatakan, kirab panji budaya dan karnaval ini diikuti oleh masyarakat desa Babadan khususnya Dusun Pereng.

“Masyarakat Dusun Pereng mengikuti karnaval, acara ini tiap tahun kita gelar, tetapi pada saat pandemi kemarin kita hanya kirab panji dan budaya saja, karena ini sudah longgar kita adakan kirab panji budaya dan karnaval,” papar Kades.

Lebih lanjut Suyitno menjelaskan, pada peringatan kemerdekaan tahun ini, pihaknya melombakan kegiatan tersebut dan itu nanti ada tim juri.

“Ada juri pada karnaval ini, sedangkan yang dinilai adalah kekompakan, kreativitas serta menampilkan kebudayaan, kesenian dan hasil bumi,” imbuhnya.

Suyitno berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa membangkitkan jiwa nasionalisme serta tetap mempertahankan budaya bangsa.

“Kita tetap nguri-nguri budaya, yang jelas kita tidak meninggalkan budaya yang ada, kita juga menampilkan kesenian dan panji-panji juga kita Ä·irab,” tutup Kades.

Hadir Juga Guntur Wahono Anggota DPRD Provinsi Jawa timur Fraksi PDI-Perjuangan pada gelaran Karnaval Desa.

Sebagai informasi, acara kirab panji budaya dan karnaval desa Babadan dimulai jam 1 (satu) siang dengan mengambil start di Dusun Pereng hingga finish di Balai Desa Babadan.
(Sdr)