DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Sertifikasi Halal dan NIB, Pemdes Kedungwaru Adakan Sosialisasi dan Pendampingan UMKM untuk Warga

Tulungagung, megapos.co.id – Pemdes Kedungwaru mengadakan Sosialisasi dan Pendampingan UMKM kepada warga pelaku UMKM dalam rangka Sertifikasi Halal dan NIB (Nomor Induk Berusaha) bertempat di balai desa setempat, Rabu malam (13/9/2023).

Kepala Desa Kedungwaru, Moch.Toha, S.Ag mengatakan kegiatan ini dipersiapkan untuk pameran produk unggulan UMKM di Desa Kedungwaru.

“Kita akan adakan sosialisasi guna persiapan pameran produk unggulan UMKM yang sesuai jadwal akan kita adakan pada tanggal 14-16 September 2023,” terang Kades Kedungwaru 

Perlu diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, Pemdes Kedungwaru bekerja sama dengan Universitas Tulungagung sebagai penyaji materi.

Ada dua narasumber yang pada malam itu menyajikan materi tentang sertifikasi halal dan NIB bagi pelaku UMKM yang hadir, sejumlah 20 pelaku UMKM hadir pada Sosialisasi tersebut.

Dalam penyajian materi tersebut, narasumber mengatakan maksud dari kegiatan sosialisasi ini adalah mengenalkan, memasarkan dan meningkatkan penjualan serta membentuk image branding produk unggulan Desa, dan mempertemukan produk unggulan desa dengan pembeli produk dalam skala Nasional maupun Internasional, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan melalui UMKM Desa.

Sedangkan tujuan Sosialisasi dan Pendampingan UMKM yaitu identifikasi jumlah dan jenis UMKM di wilayah desa Kedungwaru, melakukan pembinaan badan usaha UMKM dan merealisasikan program pemerintah kabupaten terhadap e catalok lokal.

Pada kesempatan kali ini, goalnya adalah para UMKM dapat mendaftarkan NIB sertifikat halal maupun PIRT nya.

Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan mendapatkan apresiasi dan dukungan dari para peserta UMKM, kegiatan berjalan lancar. (Adv/Sdr)